Daftar Buah yang 'Worth It' untuk Mengurangi Purin, Penderita Asam Urat Merapat!

Daftar Buah yang 'Worth It' untuk Mengurangi Purin, Penderita Asam Urat Merapat!

Daftar Buah yang Worth It Untuk Mengurangi Purin--freepik

Buah ceri memiliki khasiat dalam mencegah dan mengelola asam urat. Warna merah tua pada buah ceri disebabkan oleh senyawa alami yang disebut antosianin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah ceri dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah.

BACA JUGA:Catat 8 Tindakan Penting untuk Menghindari Bahaya Saat Hujan Petir Datang

3. Apel

Apel merupakan buah rendah purin yang tinggi kandungan serat makanannya. Serat dalam apel dapat menyerap asam urat dari aliran darah dan membantu mengeluarkannya dari tubuh.

Selain itu, apel juga mengandung asam malat yang cenderung menetralkan efek asam urat dalam tubuh. Konsumsilah apel secara rutin untuk menjaga kadar asam urat yang sehat.

4. Buah citrus

Buah-buahan seperti jeruk dan lemon termasuk dalam buah rendah purin yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat. Buah citrus kaya akan vitamin C dan asam sitrat.

Konsumsi buah-buahan ini dapat membantu menjaga kadar asam urat yang sehat dalam tubuh, karena mampu mengeluarkan kelebihan asam urat dengan efisien.

5. Anggur

Anggur merupakan sumber yang baik dari vitamin C, yang dapat menurunkan kadar asam urat dan membantu mencegah serangan asam urat.

Namun, jika Anda sedang mengonsumsi obat colchicine untuk mengatasi asam urat, sebaiknya hindari mengonsumsi jeruk bali karena bisa berinteraksi dengan obat tersebut.

Demikianlah daftar buah rendah purin yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Tetaplah menjaga pola makan yang sehat dan seimbang serta tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan pengelolaan yang tepat terkait penyakit asam urat Anda.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: