Catat 8 Tindakan Penting untuk Menghindari Bahaya Saat Hujan Petir Datang

Catat 8 Tindakan Penting untuk Menghindari Bahaya Saat Hujan Petir Datang

--freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia sudah tiba, termasuk daerah curah hujan tinggi. Hampir setiap hari, sejumlah titik wilayah diguyur hujan. Tak jarang, hujan petir yang datang. Pada saat seperti ini, ada beberapa hal penting yang harus kamu hindari di rumah agar tetap aman. 

Beberapa masyarakat percaya bahwa penggunaan smartphone, komputer, laptop, dan gadget lain saat terjadi hujan petir itu berbahaya. 

Namun, berdasarkan penjelasan dari para ahli, masih belum ada bukti yang meyakinkan bahwa penggunaan alat-alat elektronik tersebut benar-benar berbahaya pada saat hujan petir.

Hujan petir dapat menimbulkan bahaya yang serius, terutama bila tidak dilakukan tindakan pencegahan yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk menghindari beberapa hal berikut ini saat hujan petir:

BACA JUGA:Polda Metro Jaya Ambil Alih Kasus Meninggalnya Anak Tamara Tyasmara

1. Menghindari aktivitas di luar ruangan

Pertama-tama, yang paling penting adalah menghindari melakukan aktivitas di luar rumah saat hujan petir. 

Tempatkan diri Anda di dalam rumah atau gedung yang aman. Jangan berdiri di bawah pohon tinggi, di lapangan terbuka, atau di sekitar tempat-tempat yang dapat menarik petir.

2. Menghindari kontak dengan logam

Selama hujan petir, hindari kontak dengan benda-benda yang terbuat dari logam, seperti pagar, pintu besi, atau kabel listrik. 

Logam merupakan konduktor yang baik bagi petir, sehingga dapat meningkatkan risiko tersengat petir.

BACA JUGA:Cara Mudah Membuat Cilok Kuah, Semakin Enak Dimakan Hangat Saat Hujan

3. Menghindari penggunaan alat elektronik

Meskipun belum ada bukti yang meyakinkan bahwa penggunaan alat elektronik berbahaya pada saat hujan petir, tetapi akan lebih baik untuk tidak menggunakan alat-alat elektronik tersebut. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: