Daftar Buah yang 'Worth It' untuk Mengurangi Purin, Penderita Asam Urat Merapat!

Daftar Buah yang 'Worth It' untuk Mengurangi Purin, Penderita Asam Urat Merapat!

Daftar Buah yang Worth It Untuk Mengurangi Purin--freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Penderita asam urat perlu memperhatikan asupan makanannya, termasuk dalam memilih buah-buahan rendah purin. purin merupakan senyawa yang secara alami terdapat dalam beberapa makanan dan berkontribusi terhadap peradangan asam urat.

Ketika tubuh mencerna purin, zat ini diubah menjadi asam urat. Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui ginjal. 

Akan tetapi, jika kadar asam urat terlalu tinggi, maka dapat terjadi penumpukan asam urat yang berlebihan, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit asam urat atau batu ginjal.

Kristal asam urat dapat membentuk batu ginjal atau menyebabkan peradangan pada persendian dan tendon.

BACA JUGA:Ivan Gunawan Berikan Selamat ke Ayu Ting-Ting, Beneran Lamaran Nih?

Konsumsi makanan rendah purin, termasuk buah-buahan, dapat membantu mengurangi risiko kekambuhan asam urat.

Selain buah-buahan rendah purin, penderita asam urat sebaiknya juga mengonsumsi susu rendah lemak, sayuran utuh, kacang-kacangan, dan telur untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Berikut ini adalah beberapa buah rendah purin yang cocok dikonsumsi oleh penderita asam urat:

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah rendah purin yang kaya akan serat dan vitamin C. Serat dalam pisang dapat membantu ekskresi purin dan asam urat dari tubuh.

BACA JUGA:Simak 6 Tips Aman Ajak Bayi Berenang, Jangan Sampai Lalai!

Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang tinggi, senyawa ini dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam tubuh.

Jika sudah terbentuk, kalium dalam pisang dapat membantu melunakkan kristal sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh ginjal. Konsumsilah 1-2 buah pisang per hari untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

2. Buah ceri

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: