Mitos dan Fakta Seputar Alergi, Ingat Ya Tidak Hanya Terjadi Pada Anak-anak!

Mitos dan Fakta Seputar Alergi, Ingat Ya Tidak Hanya Terjadi Pada Anak-anak!

Alergi anak-freepik-Freepik

5. Gejala Pilek Dan Gejala Alergi Tidak Bisa Dibedakan

Pilek dan alergi adalah dua kondisi yang berbeda, baik dalam penyebab maupun mekanisme penyakitnya. Pilek biasa disebabkan karena infeksi virus, sedangkan alergi karena sistem kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap alergen tertentu.

Perbedaan pilek dan alergi ada di gejalanya. Gejala pilek biasanya disertai dengan nyeri tubuh dan deman. Sedangkan gejala khas alergi terdapat di mata yang gatal dan iritasi.

Jika terasa sulit untuk membedakannya, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

BACA JUGA:Menggemparkan! Selebgram Chandrika Chika Digerebek Polisi karena Narkoba

Fakta Seputar Alergi

Meskipun alergi sering dianggap sebagai masalah kesehatan yang umum, tapi masih banyak fakta menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Pemahaman yang tepat mengenai alergi bisa membantu kamu memahami dan mengelola kondisi tersebut dengan lebih baik.

Berikut ini penjelasan mengenai beberapa fakta seputar alergi yang harus diketahui.

BACA JUGA:Lelah Berkepanjangan? Kenali Ciri dan Cara Mengatasi Burnout

1. Alergi Tidak Hanya Mempengaruhi Hidung Dan Mata

Gejala alergi yang paling umum kita ketahui adalah hidung berair, mata gatal dan bersin-bersin. Tapi, perlu dipahami juga kalau alergi bisa mempengaruhi berbagai bagian tubuh lainnya.

Salah satu contohnya adalah kulit, di mana alergi bisa menyebabkan kondisi seperti dermatitis, yang ditandai dengan kulit merah, gatal, dan bengkak. Sistem pernapasan juga rentan terhadap reaksi alergi, yang bisa menyebabkan kondisi asma, di mana saluran pernapasan meradang dan menyebabkan kesulitan bernapas.

Tidak hanya itu, alergi juga bisa mempengaruhi sistem pencernaan seseorang, misalnya menimbulkan gejala mual, muntah, diare, atau bahkan yang lebih serius lagi yaitu anafilaksis.

BACA JUGA:Memahami Manfaat Luar Biasa dari Kayu Manis untuk Kesehatan, Ada Zat Anti-Kanker!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: