Mitos dan Fakta Seputar Alergi, Ingat Ya Tidak Hanya Terjadi Pada Anak-anak!

Mitos dan Fakta Seputar Alergi, Ingat Ya Tidak Hanya Terjadi Pada Anak-anak!

Alergi anak-freepik-Freepik

Hal tersebut tidak benar adanya ya, hanya mitos belaka.

Alergi bisa juga dialami oleh orang dewasa, biasanya ada di usia dua puluhan dan tiga puluhan, meskipun alergi bisa terjadi pada usia berapa pun.

Bahkan berdasarkan penelitian, hampir separuh dari orang dewasa yang mengalami alergi, baru mengembangkan alerginya di masa dewasa bukan saat masa anak-anak.

BACA JUGA:Inilah 3 Manfaat Penggunaan Daun Sirsak untuk Wajah Berminyak

3. Alergi Sepenuhnya Bisa Disembuhkan Dengan Menghindari Alergen

Walaupun benar adanya menghindari alergen bisa membantu mengurangi gejala yang timbul, tapi perlu diingat kalau alergi pada dasarnya adalah respon kompleks yang berasal dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat-zat asing yang dianggap berbahaya.

Beberapa alergen nyatanya sulit untuk sepenuhnya dihindari karena tersebar luas di lingkungan sehari-hari.

Sampai saat ini belum ada obat yang sepenuhnya menyembuhkan alergi, namun obat-obatan seperti antihistamin, dekangestan atau kortikosteroid bisa membantu mengendalikan gejala dari alergi tersebut.

BACA JUGA:Kenali 3 Manfaat Kembang Kol yang Jarang Diketahui Orang, Bisa Cegah Penuaan Dini?

4. Alergi Akan Dialami Selamanya

beberapa alergi bisa menjadi masalah di sepanjang hidup seseorang, tapi ada juga alergi yang bisa hilang seiring dengan bertambahnya umur. Namun hal ini tergantung dari alergen yang menjadi pemicunya ya.

Pada beberapa orang alergi mungkin akan mengalami perbaikan seiring berjalannya waktu, sedangkan yang lain akan terus mengalaminya sampai seumur hidup.

Dari hal tersebut bisa terlihat betapa kompleksnya interaksi faktor genetik, lingkungan dan imunologi dalam proses perkembangan alergi.

BACA JUGA:KRL Laris Manis Saat Periode Libur Lebaran, Garap Pendapatan Hingga Rp 88 M

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: