Studi Baru: Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah

Studi Baru: Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah

Minum Kopi Bantu Menurunkan Tekanna Darah-Thirdman-Pexels

"Trennya terlihat positif dari 2 [cangkir] kopi per hari," kata Cicero.

"Jadi, minum kopi seharusnya tidak dilarang secara apriori pada peminum kopi saat ini, jika dikhawatirkan kopi dapat meningkatkan kadar BP," tambahnya.

Mengapa kopi dapat membantu tekanan darah?

Megan K. Rhoads, PhD dan sarjana pascadoktoral, Departemen Kedokteran, Divisi Nefrologi di Universitas Alabama di Birmingham, mengatakan ada beberapa mekanisme di mana konsumsi kopi dapat menurunkan tekanan darah, beberapa di antaranya telah dibuktikan dalam penelitian pada hewan.

BACA JUGA:Titi DJ Oplas Anti Aging di Korea Selatan: 'di Sana Gue Merasa Lebi Aman'

"Kopi mengandung kafein, yang dapat meningkatkan dan menurunkan tekanan darah dalam keadaan akut, tetapi juga mengandung antioksidan dan senyawa bioaktif yang mungkin bertanggung jawab atas efek penurunan tekanan darah,” jelasnya.

Rhoads menawarkan asam klorogenat sebagai contoh senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada tikus.

"Saat diproses oleh mikrobiota usus, asam klorogenat dipecah menjadi metabolit yang dapat meningkatkan bioavailabilitas oksida nitrat dan menurunkan tekanan darah.”

Debabrata Mukherjee, ketua Departemen Penyakit Dalam dan profesor penyakit dalam di Texas Tech University Health Sciences Center El Paso, menjelaskan lebih lanjut: “Meskipun kafein dapat meningkatkan kadar BP (terutama pada individu yang biasanya tidak minum kopi), jumlah senyawa bioaktif lain dalam kopi mengimbangi efek ini dengan efek akhir netral-ke-positif pada BP.”

BACA JUGA:Ini 3 Penyebab Dehidrasi pada Bayi

Asam klorogenat, yang hadir dalam konsentrasi tertinggi dalam biji kopi, diyakini sebagai salah satu senyawa utama dalam kopi yang menurunkan tekanan darah, menurut Mukherjee. Quercetin juga dapat berperan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: