Studi Baru: Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah

Studi Baru: Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah

Minum Kopi Bantu Menurunkan Tekanna Darah-Thirdman-Pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients mengabarkan bahwa minum tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari dapat membantu turunkan tekanan darah perifer dan sentral yang lebih rendah.

Menurut penulis utama studi tersebut, Dr. Arrigo F.G. Cicero, profesor asosiasi di Departemen Ilmu Kedokteran dan Bedah di Universitas Bologna, tekanan darah perifer dan sentral adalah penanda pengerasan dan penuaan arteri.

Pada orang dewasa yang lebih tua dengan tekanan darah tinggi, arteri besar cenderung lebih kaku, yang mengarah ke tekanan darah sistolik yang lebih tinggi (angka atas pembacaan tekanan darah) dan tekanan nadi yang lebih lebar (perbedaan antara angka atas dan bawah).

BACA JUGA:Heboh Aksi Krisdayanti Beri Ameena Kopi, Berikut 5 Efek Samping Kesehatan pada Anak dan Bayi

Para penulis mencatat dalam laporannya bahwa efek kopi terhadap tekanan darah masih diperdebatkan, terutama karena diketahui bahwa kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka pendek.

Namun, efek ini dapat diperbaiki oleh antioksidan yang ditemukan dalam kopi yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah serta melindungi sel dari radikal bebas.

Minum kopi secara teratur dikaitkan dengan penurunan tekanan darah

Dilansir dari laman Heathline, Cicero dan timnya ingin menyelidiki bagaimana interaksi antara kafein dan senyawa lain yang ditemukan dalam kopi akan mempengaruhi kejadian tekanan darah.

BACA JUGA:NAH LO! Aksi Krisdayanti Beri Kopi ke Ameena Malah Didukung: Ga Papa Biar Menghindari Step...

Untuk melakukan studi mereka, tim Cicero memeriksa sampel termasuk 720 pria dan 783 wanita yang menjadi peserta Studi Jantung Brisighella.

Studi yang sedang berlangsung ini, yang pertama kali dimulai pada tahun 1972, mencakup perwakilan sampel acak dari kota pedesaan Italia Utara yang disebut Brisighella.

Para peneliti melihat tekanan darah peserta dan kebiasaan minum kopi, serta pilihan data lain yang relevan dengan kesehatan jantung.

Setelah analisis data, mereka menemukan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan tekanan darah rendah.

BACA JUGA:Krisdayanti Dihujat Netizen Usai Berikan Ameena Kopi: 'Anak 1 Tahun Belum Boleh Dikasih Kopi'

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: