Heboh Aksi Krisdayanti Beri Ameena Kopi, Berikut 5 Efek Samping Kesehatan pada Anak dan Bayi

Heboh Aksi Krisdayanti Beri Ameena Kopi, Berikut 5 Efek Samping Kesehatan pada Anak dan Bayi

ilustrasi - dampak konsumsi kopi pada anak-RODNAE Productions-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Krisdayanti baru-baru ini memberikan kopi kepada sang cucu Ameena Hanna Nur Atta. Aksinya tersebut menuai pro dan kontra dari netizen, sebagian netizen menyebut hal tersebut sangatlah berbahaya untuk bayi dan sebagian menyebut hal tersebut merupakan sesuatu yang normal.

Pada orang dewasa, kandungan kafein pada kopi dapat diserap oleh tubuh dalam waktu 3-7 jam. Sedangkan pada bayi, dibutuhkan waktu 65-130 jam untuk memproses kafein, karena organ hati dan ginjal pada bayi belum bekerja dengan sempurna.

Selain itu, memberikan kopi kepada balita sebaiknya dihindari. Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp.A dikutip dari klikdokter, sebaiknya kopi tidak diberikan kepada anak hingga dia berusia 5 tahun atau lebih, hal tersebut bertujuan untuk mencegah efek samping kopi pada bayi.

BACA JUGA:TRAGIS! Akhiri Hidup dengan Gantung Diri, Isi Surat Wasiat Siswi SMP ini Diduga Ungkap Penyebab Kematiannya?

BACA JUGA:Oknum Polisi Berinisial TG yang Diduga 'Palak' Bripka Madih Ternyata Sudah Pensiun, Humas Polda Metro Jaya Beri Penjelasan Begini

Lantas apa saja efek samping atau bahaya kopi pada anak. Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 efek samping pada anak jika memberinya kopi.

1. Insomnia

Kopi mengandung kafein yang dapat membuat anak menjadi kesulitan tidur. Selain itu, kafein dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin sehingga menyebabkan anak menjadi rewel dan gelisah.

2. Jantung Berdebar

Jika anak meminum kopi dalam jumlah yang berlebih, anak dapat berisiko alami gangguan irama jantung sehingga jantung berdebar lebih cepat dari biasanya. Selain itu, gejala yang dialami yakni merasakan pusing, lemah, dan tidak nyaman di dada.

3. Menghambat Pertumbuhan

Kopi mengandung zat phytat yang dapat menghambat penyerapan beberapa jenis mikronutrien, seperti vitamin dan mineral pada tubuh. Jika anak mengonsumsi kopi terlalu sering, maka dapat menurunkan kemampuan untuk menyerap vitamin dan mineral pada tubuh, sehingga dapat menghambat proses pertumbuhannya.

BACA JUGA:Krisdayanti Dihujat Netizen Usai Berikan Ameena Kopi: 'Anak 1 Tahun Belum Boleh Dikasih Kopi'

BACA JUGA:Nikita Mirzani Sindir Dito Mahendra yang Dipanggil KPK: Jemput Paksa Kalau Nggak Dateng Juga!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: