Ini 3 Penyebab Dehidrasi pada Bayi

Ini 3 Penyebab Dehidrasi pada Bayi

Penyebab dehidrasi pada bayi-ilustrasi botol susu-Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Banyak sekali bayi yang mengalami dehidrasi yang tidak diketahui oleh orang tuanya namun ada beberapa cara untuk mengenalinya.

Biasanya, dehidrasi pada bayi terlihat saat bayi mengalami bibir kering dan urine berwarna gelap, bergantung tingkat keparahannya.

Jika dehidrasi pada bayi tidak ditangani secara cepat, bisa menyebabkan kematian pada bayi akibat dehidrasi.

BACA JUGA:CATAT! Atasi Kemacetan Jakarta, Dishub: Aturan Jam Kerja Urusan Masing-Masing

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi mengalami dehidrasi. Berikut adalah tiga penyebab umum bayi mengalami dehidrasi.

1. Demam

Demam menyebabkan tubuh bayi berkeringat. Hal ini menyebabkan kelembapan menguap dari kulit sebagai respons alami tubuh untuk menjaga suhu tubuh bayi tetap dingin.

Ketika bayi merasa panas, mereka bernapas lebih cepat dan akhirnya kehilangan lebih banyak cairan. Hal ini menyebabkan dehidrasi.

BACA JUGA:Keren! Siapkan PIK dan Bintan untuk Sirkuit F1 Tahun Depan, IMI Beri Alasan Tak Terduga, Bamsoet: Ini Demi Mewujudkan...

2. Diare dan Muntah

Penyebab lain dehidrasi pada bayi adalah diare dan muntah akibat gangguan saluran cerna seperti gastroenteritis. Diare menyebabkan bayi kehilangan banyak cairan, tetapi tubuh tidak dapat menyerapnya dengan baik dari usus.

Hal ini akan menguras cairan dari tubuh anak, menyebabkan dehidrasi dan bahkan demam.

3. Berkeringat

BACA JUGA:Lirik Lengkap Lagu 'Sial' yang Dipopulerkan Si Cantik Mahalini, Viral Banget di TikTok!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: