Keren! Siapkan PIK dan Bintan untuk Sirkuit F1 Tahun Depan, IMI Beri Alasan Tak Terduga, Bamsoet: Ini Demi Mewujudkan...

Keren! Siapkan PIK dan Bintan untuk Sirkuit F1 Tahun Depan, IMI Beri Alasan Tak Terduga, Bamsoet: Ini Demi Mewujudkan...

IMI Siapkan Kawasan PIK dan Binan untuk sirkuit F1 2024--

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID -  Kawasan Bintan, Kepulauan Riau dan Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta siap untuk menjadi sirkuit ajang balap internasional Formula 1.

Bambang Soesatyo, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat menjelaskan pihaknya dan para pemangku kepentingan terkait tengah dalam persiapan.

Pada malam penganugerahan IMI Awards, Bamsoet mengatakan PIK menjadi target utama untuk pembangunan kedua sirkuit, setidaknya bisa selesai pada akhir 2024. Hal tersebut selaras dengan keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah kompetisi balap bergengsi itu di tahun yang sama. 

"Penjajakan sudah kita lakukan untuk membuat speed city circuit di PIK, dan semoga harapannya bisa dibangun dalam (rentang) waktu 8 hingga 9 bulan, paling tidak di akhir atau pertengahan 2024. Itu usaha kita untuk mewujudkan mimpi menghadirkan F1 di Indonesia," ujar Bambang.

Lebih lanjut, ia menegaskan Sirkuit Internasional Bintan atau Bintan International Green Circuit (BIC/BIGC) bisa bersanding dengan Sirkuit Internasional Mandalika sebagai sirkuit yang layak dan bertaraf internasional. 

BACA JUGA:CATAT! Atasi Kemacetan Jakarta, Dishub: Aturan Jam Kerja Urusan Masing-Masing

BACA JUGA:Lirik Lengkap Lagu 'Sial' yang Dipopulerkan Si Cantik Mahalini, Viral Banget di TikTok!

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menjelaskan terkait pembangunan sirkuit di Bintan memanfaatkan lahan sekitar seluas 237 hektare dan mengusung konsep olahraga, gaya hidup, dan ramah lingkungan.

Hal itu guna sebagai upaya untuk mendukung ekonomi, penyedia lapangan kerja, serta pariwisata berbasis olahraga di daerah tersebut.

Seiring dengan kehadiran ragam kejuaraan lokal, antar-klub hingga kejuaraan nasional yang diadakan rutin di banyak daerah, Bamsoet berharap kehadiran sirkuit juga bisa menjadi wadah bagi peningkatan prestasi atlet dan munculnya bibit-bibit atlet balap baru Indonesia.

"Hampir tiap minggu selalu diikuti (kejuaraan lokal dan nasional), terutama di daerah. Banyak daerah juga berlomba untuk bikin sirkuit sehingga diharapkan ada atlet-atlet muda yang muncul dan tumbuh dari sana," ujarnya.

Sementara itu, malam penganugerahan IMI Awards memberikan apresiasi baik pada tingkat nasional maupun internasional bagi atlet olahraga otomotif berprestasi, dan juga untuk para tokoh yang peduli terhadap pengembangan dunia otomotif Indonesia.

BACA JUGA:MU Pasang Harga Tinggi Buat Marcus Rashford, Ada yang Berani Tebus?

BACA JUGA:Mendengarkan Musik Sebelum Tidur Bantu Tenangkan Pikiran, Simak Penjelasannya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber