Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Berpuasa? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Berpuasa? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

bibir kering-@alodokter-Instagram

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan asupan cairan selama berbuka dan sahur, baik melalui minum air putih maupun mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti sup dan semangka.

2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Mineral dan Vitamin

Untuk mengatasi bibir pecah-pecah saat berpuasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya mineral dan vitamin saat berbuka dan sahur, terutama vitamin B dan C. 

Vitamin B membantu mengurangi kekeringan bibir saat berpuasa akibat paparan sinar matahari, seperti kacang-kacangan dan ikan. 

BACA JUGA:Buka Puasa Minum Air Dingin, Sehatkah? Begini Penjelasannya

Sementara itu, vitamin C membantu meredakan kekeringan bibir yang disebabkan oleh sariawan karena kandungan antioksidannya. 

3. Menggunakan Lip Balm

Untuk mengurangi kekeringan bibir saat berpuasa, disarankan untuk menggunakan lip balm. Pilihlah lip balm yang memiliki kandungan SPF untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kekeringan. 

Untuk mempertahankan kelembapan bibir secara optimal, gunakan lip balm yang mengandung petrolatum seperti petroleum jelly, karena dapat memberikan sensasi kelembapan alami. 

BACA JUGA:Anjuran Nabi Muhammad SAW Makan Kurma untuk Berbuka Puasa, Begini Hadistnya

Hindari penggunaan lip balm yang mengandung eucalyptus atau menthol karena dapat memperburuk dan merangsang bibir yang kering.

4. Hentikan Kebiasaan Menjilati Bibir

Ketika seseorang menyadari bahwa bibirnya kering saat berpuasa, kebanyakan orang sering kali secara refleks akan mencoba menjilat atau membasahi bibir untuk mengurangi kekeringannya. 

Meskipun air liur dapat memberikan rasa segar sesaat pada bibir, ketika air tersebut mengering, residu yang tersisa di bibir akan cepat menguap dan mengikis lapisan kulit bibir yang tipis, akibatnya bibir akan semakin kering dan mengelupas.

BACA JUGA:MUI Haramkan Kurma Hasil Israel, Cek Seluruh Daftar Mereknya di Sini

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: