Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Berpuasa? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Berpuasa? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

bibir kering-@alodokter-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Mengalami bibir kering dan pecah-pecah saat sedang berpuasa? Ketahuilah penyebab dan cara mengatasinya.

Saat sedang berpuasa seseorang seringkali mengalami bibir kering dan pecah-pecah, namun biasanya mereka tidak terlalu mengambil pusing permasalahan tersebut.

Padahal, jika permasalahan tersebut dibiarkan saja akan berdampak buruk bagi kesehatan bibir dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

BACA JUGA:Yuk Simak Cara Daftar Mudik Gratis di Aplikasi PLN Mobile

Bibir kering saat berpuasa seringkali disebabkan oleh kekurangan asupan cairan selama beberapa jam, terutama di tengah kondisi iklim tropis Indonesia yang panas.

Dampak hal tersebut adalah berkurangnya produksi air liur secara signifikan, yang dapat mengakibatkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Selain dampak dari kekurangan cairan dan pengaruh cuaca panas, kebiasaan yang mungkin tidak disadari dapat menyebabkan bibir menjadi kering adalah sering menjilat bibir. 

Meskipun menjilat bibir mungkin memberikan sensasi lembap dan basah pada bibir yang kering, namun ternyata air liur dapat menguap dengan cepat dan malah memperparah kekeringan bibir.

BACA JUGA:Yuk Simak PP 14/2024 Tentang Gaji, THR, dan Pensiunan Aparatur Sipil Negara

Permasalahan bibir kering dan pecah-pecah harus segera ditangani agar bibir tetap sehat, berikut ini ada cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah!

1. Memperbanyak Minum Air saat Buka dan Sahur

Jika bibir terasa kering saat berpuasa, disarankan untuk meningkatkan konsumsi air saat berbuka dan sahur. 

Bibir kering saat puasa umumnya disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh karena asupan cairan yang tidak mencukupi selama berpuasa. 

BACA JUGA:6 Tips Ampuh Merawat Baterai Laptop Agar Anti Bocor dan Tahan Lama

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: