Buka Puasa Minum Air Dingin, Sehatkah? Begini Penjelasannya

Buka Puasa Minum Air Dingin, Sehatkah? Begini Penjelasannya

Segar Sih, Tapi Sehatkah Buka Puasa Dengan Air Dingin, Begini Penjelasannya-- freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Siapa yang tidak tergoda dengan segarnya air dingin menjelang berbuka puasa. Kesegaran air dingin membuat banyak orang memilih untuk membuka puasa dengan minuman yang dingin. Tetapi, apakah Anda tahu bahwa minuman buka puasa yang dingin sebenarnya tidak baik untuk tubuh?

Menurut Praktisi gizi klinis dan olahraga, Rita Ramayulis berbuka puasa dengan minuman yang terlalu dingin dapat membuat kerja lambung menjadi lambat karena harus menyesuaikan dengan suhu tubuh. 

Ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin setelah berpuasa, lambung harus bekerja lebih keras untuk mencerna karena harus memanaskan minuman sampai mencapai suhu tubuh.

Selain itu, perut telah lama tidak diisi makanan atau minuman selama hampir 13 jam saat berpuasa. 

BACA JUGA:6 Tips Ampuh Merawat Baterai Laptop Agar Anti Bocor dan Tahan Lama

Hal ini akan membuat lambung mengalami kontraksi atau kaget ketika langsung diisi dengan minuman yang dingin. 

Proses pencernaan yang terjadi secara tiba-tiba dan keras ini dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan, seperti mulas, kembung, atau rasa tidak nyaman di perut.

Menurut Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia Kalimantan Barat, Dr Nursyam M.Kes., buka puasa lebih baik memilih minuman dengan air yang manis dan hangat supaya tidak membuat kaget lambung yang kosong setelah seharian penuh.

Rita Ramayulis juga menyarankan agar saat berbuka puasa, sebaiknya memulainya dengan minum air putih hangat terlebih dahulu untuk membantu proses pencernaan. 

Air hangat dapat melakukan pekerjaan yang lebih efisien dalam mempersiapkan lambung untuk menerima makanan dan minuman setelah sekian lama tidak menerima asupan.

Selain air putih hangat, minuman lain yang disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa adalah air mineral biasa, jus buah tanpa pemanis tambahan, atau air lemon hangat. 

Minuman-minuman ini memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh dan juga akan membantu memulihkan cairan tubuh setelah seharian berpuasa.

Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, penting untuk menghindari minuman yang mengandung kafein atau berenergi tinggi saat berbuka puasa, seperti kopi, teh, atau minuman bersoda. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: