Asam Lambung Sedang Naik? Jangan Khawatir Ini 8 Cara Mengatasinya

Asam Lambung Sedang Naik? Jangan Khawatir Ini 8 Cara Mengatasinya

Asam Lambung Sedang Naik? Jangan Khawatir Ini 8 Cara Mengatasinya-@ekahospitals-Instagram

6. Makanlah Secara Perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan bukan hanya merupakan kebiasaan sehat, tapi juga bisa berperan dalam mengatasi masalah naiknya asam lambung. 

Ketika seseorang makan terlalu cepat atau terburu-buru, mereka cenderung menelan udara yang kemudian bisa menyebabkan penumpukan gas dalam lambung, yang bisa berakibat tekanan dalam lambung dapat meningkat dan memicu refluks asam.

Dengan mengunyah makanan perlahan, proses pencernaan bisa dimulai di mulut, dengan memungkinkan makanan dipecah menjadi partikel-partikel yang lebih kecil sehingga bisa mempermudah kerja lambung, selain itu, makan dengan perlahan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk merasakan sensasi kenyang secara alami.

BACA JUGA:Huawei Luncurkan Produk Inovatif di Dubai, Teknologi Terkini Makin Canggih!

7. Tinggikan Posisi Kepala Saat Berbaring

Kejadian asam lambung yang naik sering kali terjadi pada malam hari, oleh karena itu, jika kamu mengalami keluhan tersebut saat hendak tidur, disarankan untuk tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari badan.

Posisi tidur dengan kepala lebih tinggi dari badan bisa membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan, karena gravitasi membantu mencegah aliran balik asam lambung, dengan demikian, kamu bisa mengurangi kemungkinan terjadinya gejala seperti nyeri dada, sensasi terbakar di dada, atau regurgitasi asam lambung ke tenggorokan.

Posisi tidur seperti ini juga bisa memberikan relaksasi pada tubuh dan memungkinkanmu untuk tidur lebih nyenyak tanpa terganggu oleh gejala asam lambung naik.

BACA JUGA:Telur Pecah Jadi Buruan Warga Tangerang Gara-gara Harga Telur Ayam Meroket Naik!

8. Berbaringlah Dengan Posisi Menghadap Ke Kiri

Selain menaikkan posisi kepala saat tidur, disarankan juga untuk tidur menghadap ke arah kiri, tidur dengan posisi ini diyakini bisa mengurangi keluhan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung. 

Dengan tidur menghadap ke arah kiri, tubuh cenderung berada dalam posisi yang lebih menguntungkan untuk mengurangi tekanan pada lambung dan mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Saat tidur menghadap ke arah kiri, lambung berada di bawah posisi kerongkongan, sehingga gaya gravitasi alami dapat membantu mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan, hal ini bisa membantu mengurangi gejala seperti nyeri dada, terbakar, atau regurgitasi yang sering terkait dengan penyakit asam lambung.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: