Asam Lambung Sedang Naik? Jangan Khawatir Ini 8 Cara Mengatasinya

Asam Lambung Sedang Naik? Jangan Khawatir Ini 8 Cara Mengatasinya

Asam Lambung Sedang Naik? Jangan Khawatir Ini 8 Cara Mengatasinya-@ekahospitals-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Asam lambung naik atau maag adalah hal yang umum terjadi, namun jika tidak segera diatasi akan mengganggu aktivitas sehari-hari para penderitanya.

Asam lambung yang naik bisa terjadi karena katup atau otot kerongkongan bagian bawah sedang melemah, sehingga asam lambung dan makanan yang dikonsumsi akan naik kembali ke kerongkongan.

Namun jangan risau, ada beberapa cara untuk mengatasi asam lambung yang sedang naik, berikut ini penjelasan mengenai caranya.

BACA JUGA:Terungkap 5 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sangat Menyehatkan Tubuh

1. Tegakkan Posisi Tubuh

Apabila kamu merasakan keluhan naiknya asam lambung saat berbaring, segera ubahlah posisi tubuhmu jadi berdiri atau duduk dengan tegak agar tekanan pada katup antara kerongkongan dan lambung bisa dikurangi, sehingga membantu meredakan gejala naiknya asam lambung.

Tindakan ini dapat memberikan kenyamanan dan meringankan ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan akibat asam lambung yang naik.

Perubahan posisi tubuh menjadi tegak saat mengalami keluhan asam lambung naik juga bisa membantu mencegah peningkatan gejala yang lebih parah dan mencegah asam lambung untuk naik lebih tinggi ke kerongkongan, kamu juga bisa mengurangi risiko terjadinya iritasi atau peradangan pada dinding kerongkongan.

BACA JUGA:Fakta! Buah Kiwi Bisa Bikin Mental Sehat, Ini Penjelasannya

2. Minumlah Air Hangat

Cobalah minum air hangat secara perlahan-lahan, karena air hangat bisa membantu menetralkan asam lambung yang naik ke kerongkongan dan meredakan sensasi tidak nyaman di tenggorokan dan lambung, teruslah minum air hangat secara berkala selama beberapa menit agar bisa membantu mengurangi asam lambung naik secara alami.

Penggunaan air hangat dalam penanganan asam lambung yang naik juga bisa memberikan efek menenangkan pada saluran pencernaan yang sedang teriritasi.

Dengan meredakan sensasi terbakar dan ketidaknyamanan di area tenggorokan dan lambung, air hangat juga bisa membantu meringankannya secara sementara, terlebih lagi, minum air hangat secara perlahan-lahan juga bisa membantu melonggarkan otot-otot esofagus, sehingga memfasilitasi aliran makanan dan cairan dengan lebih lancar.

BACA JUGA:Ibu Hamil Jangan Makan Telur Setengah Matang, Kesehatan Bayi Bisa Terancam!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: