Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Ini Jawabannya

Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Ini Jawabannya

kopi yang berbahaya---Pixabay

Disarankan untuk membatasi konsumsi kafein hingga tidak lebih dari 400 mg per hari, yang setara dengan sekitar 4—5 cangkir kopi.

Jika Anda menghadapi kesulitan dalam mengubah kebiasaan minum kopi, ada opsi untuk mengonsumsinya saat berbuka atau setelah makan besar, tetapi cukup dengan satu cangkir saja. 

Jika Anda masih ingin menikmati kopi, disarankan untuk menunggu sekitar dua jam setelah berbuka atau setelah mengonsumsi makanan berbuka. 

Cara ini juga dapat membantu menjaga agar Anda tidak segera tertidur setelah berbuka, satu cangkir kopi juga dapat membantu Anda tetap terjaga dan fokus saat menjalankan ibadah selama bulan Ramadan.

BACA JUGA:Rekomendasi Skincare Korea untuk Wajah yang Lebih Glowing Natural, Remaja Wanita Bisa Pakai

Agar tetap menikmati kopi tanpa mengganggu puasa Anda, lakukan beberapa tips berikut ini.

1. Kurangi asupan kafein pada kopi selama bulan puasa

Sebaiknya,  mengurangi kebiasaan minum kopi baiknya dilakukan sebelum hari pertama puasa, namun jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk melakukannya, mengurangi konsumsi kafein dari kopi dapat dimulai setelah memulai puasa.

Meskipun ini bisa lebih sulit dan menantang, mengurangi atau menghentikan konsumsi kafein sebaiknya dilakukan secara bertahap dan tidak secara mendadak, cara ini membantu mengurangi risiko efek samping yang mungkin muncul.

BACA JUGA:7 Makanan Basah 'Wet Food' Terbaik untuk Kucing Kesayangan, Bikin Anabul Lahap Yuk!

2. Minum kopi pada waktu yang tepat

Selain sebagai stimulan, kopi juga memiliki sifat diuretik yang menyebabkan peningkatan produksi urine sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.

Minum kopi saat sahur dapat menyebabkan sensasi rasa kental di mulut yang membuat Anda merasa haus dengan cepat. 

Sifat diuretiknya juga bisa meningkatkan risiko dehidrasi, oleh karena itu minum kopi saat sahur bukanlah pilihan yang tepat.

BACA JUGA:4 Merek Kosmetik Ini Dicabut BPOM RI, Ternyata Ini Alasannya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: