Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Ini Jawabannya

Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Ini Jawabannya

kopi yang berbahaya---Pixabay

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Saat sedang berpuasa, sebagian besar para pecinta kopi kerap mempertanyakan perihal bolehkah minum kopi saat sahur.

Bagi para pecinta kopi tentunya akan merasa sulit untuk menghilangkan kebiasaan mereka yang sering mengosumsi kafein.

Pasalnya mengosumsi kafein dapat membantu mereka untuk melawan rasa kantuk saat bekerja, sehingga membuat mereka lebih semangat saat bekerja.

BACA JUGA:Hasil Akhir Finalis All England 2024, Indonesia Memperoleh Emas Terbanyak!

Akan tetapi, bukan hanya karena rasanya saja yang nikmat, kalian juga perlu membatasi asupan kafein setiap harinya agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Minum kopi saat sahur tidak disarankan secara medis karena dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi selama berpuasa.

Disamping itu, ada beberapa dampak dari mengonsumsi kopi saat sahur yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Minum kopi saat sahur juga dapat memperburuk gejala maag dan GERD. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang kontraksi otot saluran pencernaan dan meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat mengiritasi dinding lambung.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata dengan Pemandangan yang Indah Banget, Yakin Nggak Bakal Bikin Kamu Nyesel!

2. Kopi dapat merangsang peningkatan produksi asam klorida dan cairan lambung yang berperan dalam pencernaan makanan. Namun, saat dikonsumsi dengan perut kosong, asam tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan perut dan mengakibatkan iritasi atau peradangan pada lambung.

3. Dapat menyebabkan risiko diare, terutama pada individu yang menderita sindrom usus sensitif (IBS), karena dapat meningkatkan pergerakan usus besar.

4. Penderita intoleransi laktosa dapat mengalami perut kembung, terutama jika mereka mengonsumsi kopi dengan susu.

Kopi memiliki efek diuretik yang dapat mengurangi cairan tubuh, sehingga minum kopi saat sahur dapat meningkatkan risiko dehidrasi. 

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Bagikan Rahasia Khatam Quran di Bulan Suci Ramadhan

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: