Si Kecil Susah BAB? Tenang Bunda, Ternyata Ini Loh 3 Penyebabnya

Si Kecil Susah BAB? Tenang Bunda, Ternyata Ini Loh 3 Penyebabnya

Anak susah BAB-master1305-Freepik

BACA JUGA:Agak Laen! Demi Bahagiakan Istrinya, Seorang Suami Bikin Baju Rincian Dana Nonton Konser Taylor Swift

2. Sering menahan BAB

Penyebab sembelit pada anak juga dapat dipicu oleh perilaku menahan buang air besar yang seringkali dimulai dari pengalaman BAB yang tidak menyenangkan, misalnya karena mengalami sakit. 

Anak-anak mungkin merasa takut untuk menggunakan toilet sendiri, terutama jika mereka memiliki pengalaman yang buruk sebelumnya. 

Selain itu, mereka juga mungkin lebih memilih untuk bermain daripada pergi ke toilet, yang dapat menyebabkan mereka menahan BAB. 

BACA JUGA:7 Rekomendasi Warna Busana Lebaran Paling Trendy di 2024, Mana yang Paling Cocok?

Beberapa anak mungkin merasa tidak nyaman menggunakan toilet umum saat berada di luar rumah, sehingga cenderung menahan BAB hingga mereka kembali ke rumah. 

Semua ini dapat menjadi penyebab pada terjadinya sembelit pada anak.

3. Tidak melatih anak untuk BAB di toilet

Proses toilet training merupakan tahapan dimana anak belajar untuk melakukan buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di toilet, mirip dengan cara orang dewasa melakukannya. 

BACA JUGA:4 Amalan Sebelum Tidur Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, Lakukan Agar Terlelap dengan Nyaman

Selama proses ini, anak diajarkan untuk menghindari melakukan BAK dan BAB di popok seperti yang biasa mereka lakukan sebelumnya. 

Toilet training atau pelatihan penggunaan toilet sangat penting dilakukan, terutama setelah anak makan atau ketika mereka merasakan keinginan untuk buang air besar (BAB). 

Namun, seringkali anak-anak menahan diri untuk pergi ke toilet, mungkin karena mereka merasa takut atau tidak nyaman dengan lingkungan toilet. 

Oleh karena itu, menjadi krusial untuk memastikan bahwa anak tidak menahan keinginan untuk buang air besar (BAB), karena hal ini bisa mengakibatkan tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan dari tubuh.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: