4 Tanda Anak Mengalami Speech Delay, Orang Tua Harus Waspada!

4 Tanda Anak Mengalami Speech Delay, Orang Tua Harus Waspada!

ciri anak speech delay-@haibunda-Instagram

Namun jika anak sudah berusia 12 bulan dan masih minim dalam mengeluarkan suara, hal tersebut mungkin terjadi karena anak tidak mendapatkan cukup stimulasi untuk mengembangkan kemampuan berbicara.

Oleh sebab itu, orang tua harus lebih sering mengajak anak ngobrol atau bercerita untuk merangsang kemampuan berbicara anak.

2. Keterbatasan dalam Kosa Kata

BACA JUGA:Ustadz Abdul Somat Ingatkan Para Pasutri Jangan Pegang Benda Ini Setelah Berhubungan Badan: Kecuali...

Keterlambatan bicara pada anak-anak sering kali ditandai dengan keterbatasan dalam pengembangan kosakata. 

Mereka umumnya memiliki jumlah kata yang terbatas, dan sering mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pikiran serta keinginan mereka melalui penggunaan kata-kata.

3. Tidak Mengerti Gestur dan Gerak Tangan

Walaupun anak belum bisa berbicara dengan lancar, biasanya mereka sudah mengerti akan gestur atau gerak tangan yang dilakukan oleh orang lain.

BACA JUGA:7 Mix Buah yang Pas Buat Infused Water, Dijamin Bantu Badan Singset

Sebagai contoh, mereka mungkin dapat memahami bahwa saat seseorang mengacungkan jari telunjuk, itu merupakan tanda menunjuk pada suatu objek atau benda.

Jika mereka belum mengerti gerakan tangan seperti menunjuk, maka kemungkinan besar anak mempunyai masalah dalam perkembangan linguistiknya.

Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk meningkatkan interaksi dan berkomunikasi secara langsung dengan anak. Mulailah dengan memperkenalkan bagian-bagian wajah seperti mata, hidung, telinga, dan sebagainya.

4. Sulit Mengikuti Apa yang Kita Bicarakan

Kemampuan meniru ucapan oleh orang lain merupakan salah satu tanda anak terlambat berbicara atau tidak, jika anak tidak bisa menirukan ucapan orang lain dengan benar maka ada beberapa kemungkinan yang perlu orang tua waspadai.

BACA JUGA:Menperin Menyatakan Rapor Manufaktur RI Melejit

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: