Cegah Stunting, Penuhi Nutrisi dan Gizi Sejak Masa Kehamilan

Cegah Stunting, Penuhi Nutrisi dan Gizi Sejak Masa Kehamilan

tips cegah stunting---Istimewa

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pencegahan stunting pada anak dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi sejak masa kehamilan. 

Penyakit stunting kerap kali menimpa anak-anak Indonesia, dan menjadi permasalahan yang cukup serius untuk ditangani oleh pemerintah.

Sebagai orang tua, tentunya kalian tidak ingin ganguan tersebut tersebut menimpa anak kalian oleh sebab itu penting untuk memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

BACA JUGA:5 Bahan Alami untuk Mengatasi Telinga Berdengung

Stunting merupakan kelainan pertumbuhan yang timbul akibat kekurangan asupan gizi, nutrisi, dan stimulasi yang tidak memadai dalam jangka waktu yang lama. 

Keadaan ini mengakibatkan pertumbuhan tinggi anak menjadi lebih lambat jika dibandingkan dengan anak seusianya sehingga menyebabkan tampak lebih kecil atau pendek.

Maka dari itu, memastikan pemenuhan kebutuhan gizi anak dan memonitor secara seksama perkembangan kesehatannya menjadi hal yang sangat penting agar anak dapat terhindar dari stunting.

Pemunuhan kebutuhan gizi anak harus dilakukan sejak anak masih dalam kandungan dan masa kanak-kanak hingga berusia dua tahun.

BACA JUGA:Merinding! 5 Cerita Mistis di Gunung Gede yang Bikin Merinding Semalaman

Berikut adalah beberapa nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh anak untuk menghindari stunting, yaitu:

1. Protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak sebab berfungsi sebagai pembentukan jaringan tubuh, seperti otot, kulit, dan tulang. 

Selain itu, protein juga memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem imun anak, yang membantu melindungi mereka dari serangan infeksi yang mungkin terjadi secara berulang.

BACA JUGA:6 Bahan Alami Pengusir Kutu Buat Kalian yang Sudah Nggak Kuat dengan Rasa Gatalnya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: