KOK BISA? Hartanya 'Mendekati' Kekayaan Sri Mulyani, KPK Sigap Usut Sumber Kekayaan Rafael Alun Trisambodo: Jumlahnya...

KOK BISA? Hartanya 'Mendekati' Kekayaan Sri Mulyani, KPK Sigap Usut Sumber Kekayaan Rafael Alun Trisambodo: Jumlahnya...

KPK segera mengusut sumber-sumber kekayaan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo berharta Rp56 miliar.-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun tangan mengusut harta jumbo pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo yang berjumlah Rp56 miliar.

Deputi Pencegahan dan Monitoring, Pahala Nainggolan, mengaku sudah mengutus tim untuk melakukan penelusuran terhadap sumber kekayaan pejabat pajak tingkat eselon III di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak tersebut.

Pahala mengatakan tim tersebut berasal dari Direktorat Laporan Harta Penyelenggara Negara KPK.

“Sudah bergerak, sudah saya suruh,” ujar Pahala kepada wartawan, Kamis, 23 Februari 2023.

BACA JUGA:HORE..! Mudik Gratis Lebaran 2023 Kemenhub Bisa Angkut Motor Pemudik Pakai Kereta, Begini Cara Daftar dan Syaratnya

BACA JUGA:TEGAS! Rafael Alun Trisambodo Dicopot dari Jabatan, Sri Mulyani Minta Inspektorat Jenderal Periksa Seluruh Kekayaannya

Menurut keterangan Pahala, tim pengusut akan bertugas memeriksa laporan kekayaan Rafael yang disetorkan ke KPK dengan menelusuri sumber-sumber harta tersebut.

Ia kemudian menjelaskan, sumber harta biasanya dari pendapatan sendiri, warisan, dan hibah. Kekayaan dari warisan dan harta inilah yang akan menjadi fokus pengusutan tim KPK.

"Karena hibah ini yang perlu ditelusuri siapa yang memberi dan sebagainya,” tegas Pahala.

Di samping itu, kata Pahala, tim juga akan menelusuri aset-aset lainnya yang diduga dimiliki oleh Rafael, namun tidak tercatat dalam LHKPN.

BACA JUGA:Perankan Pasutri di Film 'Kembang Api', Vino G. Bastian dan Marsha Timothy Dapat Pembelajaran

BACA JUGA:Buntut Perang Rusia-Ukraina, Majelis Umum PBB Tuntut Pasukan Militer Putin Mundur Tanpa Syarat

Dia mengatakan, tim akan berkomunikasi ke Badan Pertanahan Nasional untuk mengecek aset berupa tanah yang diduga dimiliki oleh Rafael. Pengecekan dilakukan kepada aset yang tercatat atas nama keluarga pejabat pajak tersebut.

“Baik nama dia, nama anak, istri dan mungkin nama orang lain di kartu keluarga,” terang Pahala.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber