HORE..! Mudik Gratis Lebaran 2023 Kemenhub Bisa Angkut Motor Pemudik Pakai Kereta, Begini Cara Daftar dan Syaratnya

HORE..! Mudik Gratis Lebaran 2023 Kemenhub Bisa Angkut Motor Pemudik Pakai Kereta, Begini Cara Daftar dan Syaratnya

Kemenhub kembali menyelenggarakan mudik gratis Lebaran.-Foto: Disway-

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Kabar gembira untuk masyarakat yang berencana melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka pendaftaran mudik gratis Lebaran 2023.

Adapun program yang diselenggarakan yakni mudik motor gratis (Motis). Nantinya, pemudik yang menggunakan sepeda motor akan diangkut menggunakan kereta api.

Program mudik motor gratis (Motis) Kemenhub ini akan diselenggarakan pada 11-20 April untuk arus mudik dan 25 April-4 Mei untuk arus balik. Sementara untuk pendaftaran dibuka mulai 1 Maret - 3 Mei 2023.

Kabar mudik gratis lebaran 2023 Kemenhub disampaikan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api DJKA Kemenhub Djarot Tri Wardhono dalam diskusi "Pengembangan Stasiun Manggarai dan Program Motis 2023" di Gedung Kemenhub, Jakarta.

BACA JUGA:TEGAS! Rafael Alun Trisambodo Dicopot dari Jabatan, Sri Mulyani Minta Inspektorat Jenderal Periksa Seluruh Kekayaannya

BACA JUGA:Perankan Pasutri di Film 'Kembang Api', Vino G. Bastian dan Marsha Timothy Dapat Pembelajaran

"Jadi kira-kira mungkin sekitar 40 hari lebih kita akan menghadapi lebaran. Untuk itu, DJKA akan melakukan program mudik motor gratis. Ini kami lakukan tentunya memindahkan penggunaan sepeda motor di jalan raya dengan angkutan kereta api," kata Djarot, dilansir Kamis (23/02/2023).

Djarot menjelaskan, pemudik yang menggunakan motor akan diberangkatkan menggunakan kereta api dan tersambung dengan gerbong tambahan yang digunakan langsung mengangkut motor penumpang.

"Ini kami lakukan untuk jelas secara keselamatan mengurangi tingkat kecelakaan yang ada dan ini juga untuk mengurangi tingkat kelelahan dari para pengendara sepeda motor yang ada," lanjut Djarot. 

Perbedaan dalam program Motis 2023 dibanding dari tahun-tahun sebelumnya yakni kereta penumpang akan dirangkaikan langsung dengan rangkaian kereta barang yang mengangkut motor penumpang.

BACA JUGA:Buntut Perang Rusia-Ukraina, Majelis Umum PBB Tuntut Pasukan Militer Putin Mundur Tanpa Syarat

BACA JUGA:Mantap Berhijab! Berikut 5 Potret Cita Citata Terkini yang Banjir Pujian Warganet

"Jadi, motor itu bisa mudik bersama orangnya, motor di gerbong barang kemudian orangnya di gerbong penumpang ini yang berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, di mana antara angkutan motornya dengan angkutan penumpang itu beda kereta.

Ini empat kereta api penumpang dirangkaikan dengan tiga kereta api barang yang mengangkut sepeda motor itu yang pertama yang membedakan Motis kami sebelumnya dengan Motis kami di tahun ini," ungkapnya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber