5 Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital, Yuk Simak Baik-baik!

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital, Yuk Simak Baik-baik!

ilustrasi - menjaga kesehatan mata-Pixabay-pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Di era digital seperti sekarang ini, mata menjadi organ yang sering terpapar sinar akibat menatap ponsel atau komputer yang terlalu lama.

Pada dasarnya, ketika mata berfokus pada objek yang sama, menatap ke satu arah secara terus-menerus dalam jarak yang sama dapat membawa efek buruk pada otot-otot mata, dan bisa merusak penglihatan.

Meski fungsinya dapat menurun seiring pertambahan usia, tetapi kamu masih bisa melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari berbagai penyakit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menjaga kesehatan mata.

BACA JUGA:Studi Baru: Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah

BACA JUGA:Penyebab Perut Mules di Pagi Hari, Jangan Lupa Jaga Kesehatan Usus!

1. Hindari paparan sinar secara langsung

Gunakan kacamata anti blue ray sebagai perlindungan mata dalam melawan bahaya sinar biru dari perangkat digital. Paparan sinar biru yang berlebih dapat mengakibatkan degenerasi makula, glaukoma, degeneratif retina bahkan memicu kebutaan. 

Selain itu, apabila terpapar sinar biru secara terus-menerus membuat kornea dan lensa mata tidak berfungsi lagi dalam memantulkan cahaya. Sedangkan ketika beraktivitas di bawah sinar matahari, pastikan selalu mengenalan kacamata hitam agar membantu menghambat paparan sinar ultraviolet dari matahari ke mata.

2. Istirahatkan mata

Ketika mata terlalu lama melihat ke perangkat digital, mata dapat beresiko alami kerusakan. Selain itu, mata dapat merasa tegang, kering, pandangan menjadi kabur, dam sulit fokus saat menatap kejauhan.

BACA JUGA:Cara Sembuhkan Sakit Pilek dengan Obat Alami

Lakukan dengan mengistirahatkan selama 20 detik setiap 20 menit sekali setelah menatap layar gawai atau gadget secara langsung. palingkan mata selama 20 detik dengan melihat objek sejauh 20 meter.

3. Hentikan merokok

Kebiasaan merokok juga berdampak pada kesehatan mata yaitu katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang dapat menimbulkan kebutaan serta merusak retina.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: