Daun Selada Sering Dijadikan Lalapan, Tapi Apa Saja Manfaatnya Buat Kesehatan?

Daun Selada Sering Dijadikan Lalapan, Tapi Apa Saja Manfaatnya Buat Kesehatan?

Selada Sering Dijadikan Lalapan, Tapi Apa Saja Manfaatnya Buat Kesehatan?-azerbaijan_stockers-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Selada, atau secara ilmiah dikenal sebagai Lactuca sativa L, memiliki posisi yang istimewa di dunia sayuran.

Tidak hanya populer sebagai lalapan favorit yang sering dinikmati dengan sambal, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Keistimewaan selada terletak pada rasa ringannya yang tidak mengganggu lidah, sehingga membuatnya disukai oleh orang-orang yang biasanya enggan makan sayur.

Selada mengandung beragam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Yuk mari kita telaah manfaat selada bagi kesehatan tubuh:

BACA JUGA:4 Tips Simpan Daun Selada Supaya Tahan Lama, Pasti Nggak Bakal Layu

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun selada kaya akan folat, yang berperan dalam mengolah asam amino homosistein dalam darah.

Tingginya kadar homosistein dalam darah dapat menjadi pemicu untuk masalah jantung seperti penyumbatan pembuluh darah, meningkatkan risiko stroke, penyakit arteri koroner, dan emboli paru.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C dalam selada merupakan antioksidan kuat yang melawan radikal bebas, serta mencegah kerusakan sel-sel yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

BACA JUGA:Dianggap Sepele, Ternyata Biji dari Buah-buahan Ini Justru Bermanfaat Buat Kesehatan

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin-vitamin dalam selada membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar mampu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Vitamin A dalam selada juga dapat meredakan infeksi, peradangan, dan kerusakan sel. Konsistensi dalam mengonsumsi selada dapat membantu mencegah penyakit umum seperti influenza dan diare.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: