Cara Sembuhkan Sakit Pilek dengan Obat Alami

Cara Sembuhkan Sakit Pilek dengan Obat Alami

cara menghilangkan hidung tersumbat parah-cottonbro-Pexels

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pilek atau flu biasanya disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan atas.

Gejala pilek meliputi hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, dan demam.

Pilek umumnya merupakan penyakit ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu sampai dua minggu.

BACA JUGA:Sederet Manfaat dari Bawang Putih, Ternyata Dapat Melindungi dari Batuk, Pilek

Meskipun pilek umumnya ringan, namun jika tidak diobati atau tidak ditangani dengan baik, pilek dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius pada orang yang lebih rentan, seperti orang tua, bayi, atau orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Oleh karena itu, jika gejala pilek tidak membaik dalam waktu beberapa hari, disertai dengan demam tinggi atau gejala lain yang serius, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Pilek adalah infeksi saluran pernapasan yang umum terjadi. Ada beberapa obat alami yang dapat membantu meredakan gejala pilek, di antaranya:

1. Minum banyak air: Minum air yang cukup membantu menjaga kelembapan tubuh dan membantu membersihkan lendir dari saluran pernapasan.

BACA JUGA:Sederet Manfaat dari Bawang Putih, Ternyata Dapat Melindungi dari Batuk, Pilek

2. Jahe: Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi gejala pilek seperti hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Anda bisa menambahkan jahe dalam teh atau ramuan herbal.

3. Madu: Madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan membantu mempercepat pemulihan dari pilek. Anda bisa menambahkan madu ke dalam teh hangat atau minum madu secara langsung.

4. Bawang putih: Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu mengurangi gejala pilek. Anda bisa menambahkan bawang putih dalam makanan atau minuman Anda.

5. Teh herbal: Teh herbal seperti teh peppermint atau teh chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek seperti hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan sakit kepala.

BACA JUGA:Mandi Air Hangat di Malam Hari Bisa Hilangkan Stres, Yuk Coba!

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: