Si Kecil Kecanduan Gadget? Ini Tipsnya Agar Anak Tidak Main HP Terus

Si Kecil Kecanduan Gadget? Ini Tipsnya Agar Anak Tidak Main HP Terus

cara atasi anak kecanduan gadget-@halodoc-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Sering memberikan gadget kepada si kecil dan membuatnya kecanduan? ini tipsnya agar anak tidak kecanduan gadget.

Para orang tua kerap memberikan gadget kepada anaknya dengan tujuan agar anaknya tidak rewel dan anteng.

Padahal hal tersebut juga dapat memberikan dampak buruk ke anak lho, salah satunya adalah menyebabkan anak jadi kecanduan gadget.

BACA JUGA:Hanung Bramantyo Sakit Saat Liburan, Ngerinya Sampai Harus Pakai Kursi Roda

Di sisi lain, kelebihan penggunaan gadget dapat menyebabkan anak-anak menjadi terlalu pasif, berdiam diri dalam jangka waktu yang lama, sehingga pertumbuhan dan kesehatannya bisa terpengaruh dan meningkatkan risiko obesitas. 

Tidak hanya berdampak pada perkembangan motorik, penggunaan gadget yang berlebihan juga dapat menghambat kemampuan berbicara dan berinteraksi sosial anak, karena kurangnya interaksi langsung dengan orang lain.

Oleh sebab itu, para orang tua sebaiknya harus membatasi penggunaan gadget pada anak, jangan sampai anak menjadi kecanduan dan berdampak buruk bagi kesehatan anak.

Adapun tips yang dapat dilakukan orang tua agar anaknya tidak kecanduan gadget, apa saja tipsnya?

BACA JUGA:Selvi Kitty Cerai dengan Suaminya Gegara Sibuk Kampanye: Waktu Saya Jadi Berkurang di Politik

1. Batasi Waktu Penggunaan

Langkah awal yang dapat diambil oleh orang tua untuk mengurangi ketergantungan anak pada gadget adalah dengan membatasi waktu penggunaan atau durasi layar.

Diperlukan keputusan yang tegas dari orang tua untuk menetapkan batasan durasi penggunaan gadget pada anak, terutama saat anak memohon, merayu, atau bahkan menangis.

Pedoman waktu layar dari American Academy of Pediatrics (2013) dan Canadian Pediatric Society (2010) dapat diikuti sebagai berikut:

BACA JUGA:Masker Kulit Manggis yang Ampuh Hilangkan Kerutan di Wajah, Yuk Coba Bikin

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: