Simak 4 Vitamin yang Bisa Bangkitkan Imunitas, Penting Buat Jaga Kesehatan Tubuh!

Simak 4 Vitamin yang Bisa Bangkitkan Imunitas, Penting Buat Jaga Kesehatan Tubuh!

Vitamin yang mampu meningkatkan imunitas tubuh-sontung57-Pixabay

2. Vitamin D

Merupakan vitamin yang larut lemak. Berbeda dengan vitamin-vitamin lain, vitamin D pada dasarnya dapat disintesis dalam tubuh dengan adanya bantuan sinar ultraviolet. Dengan adanya sinar ultraviolet, vitamin D yang ada dalam hati akan diubah menjadi bentuk aktif.

Ada banyak jenis vitamin D yang ada di alam, tetapi yang paling penting adalah vitamin D2 (ergokalsiferol) dan vitamin D3 (kolekalsiferol). Vitamin D mempunyai potensi di dalam sistem kekebalan tubuh serta memiliki peran penting sebagai anti virus.

Metabolit vitamin D muncul untuk mengatur produksi spesifik protein antimikroba yang secara langsung dapat membunuh patogen, dengan demikian cenderung dapat membantu mengurangi infeksi termasuk di paru-paru.

BACA JUGA:KKB Papua Serang Patroli TNI di Distrik Gome, Seorang Prajurit Terluka

Kecukupan vitamin D yang dianjurkan 15mcg per hari untuk orang dewasa. Selain didapatkan dari berjemur di bawah sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh dari minyak hati ikan, kuning telur, daging merah, hati, serta ikan yang berlemak seperti salmon, tuna dan tenggiri.

3.Vitamin E

Merupakan vitamin yang larut lemak karena sifatnya yang larut lemak, vitamin E dalam tubuh sebagian besar disimpan dalam jaringan lemak dan selainnya disimpan dalam hati.

Fungsi utama vitamin E adalah sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, Vitamin E sudah terbukti dapat meningkatkan respons sistem kekebalan pada hewan dan manusia serta meningkatkan perlindungan terhadap berbagai macam penyakit menular.

Vitamin E juga bermanfaat untuk  menjaga kesehatan kulit, dan melindungi vitamin A dari molekul tertentu yang bisa merusaknya.

BACA JUGA:Innalillahi! Penjaga Villa Ditemukan Tewas Dalam Keadaan Telungkup, Tubuhnya Menghitam

Asupan vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya adalah sebanyak 15mcg pada dewasa. Penyakit akibat kekerangan vitamin E jarang terjadi karena vitamin E banyak terkandung di dalam makanan. Sumber vitamin E  antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, alpukat, dan bayam.

4.Zinc (seng)

Merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Zinc berperan dalam sistem kekebalan tubuh sebagai penyusun enzim Superokside Dismutase (SOD).

Zinc memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan mempengaruhi sel kekebalan bawaan dan adaptif. Defisiensi seng dapat menyebabkan berkurangnya respons imun dan meningkatnya kerentanan terhadap infeksi.

Sumber:

(edited)