Catat! Ini 3 Tips Diet Terbaik untuk Tetap Menjaga Kesehatan Jantung

Catat! Ini 3 Tips Diet Terbaik untuk Tetap Menjaga Kesehatan Jantung

Catat! Ini 3 Tips Diet Terbaik untuk Tetap Menjaga Kesehatan Jantung---Freepik

Pola makan nabati yang menyehatkan adalah pola makan lain yang terbukti menyehatkan jantung.

Ini adalah diet tinggi serat dan rendah lemak jenuh yang terutama terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

Ada beragam pola makan nabati, dan pola makan tersebut berbeda dalam hal seberapa sering produk hewani dikonsumsi.

Misalnya, pola makan vegan tidak menyertakan semua produk hewani, pola makan vegetarian lakto-ovo memperbolehkan produk susu dan telur, dan pola makan pescatarian mencakup ikan.

Fleksibilitas dalam jenis pola makan ini bermanfaat bagi orang yang mengeksplorasi pola makan nabati. Apa pun jenisnya, pola makan nabati yang sehat membatasi atau menghindari makanan yang terkait dengan risiko CVD, seperti makanan yang digoreng dan makanan manis.

Mengonsumsi pola makan nabati dikaitkan dengan penurunan kejadian CVD. Pola makan nabati biasanya tidak menyertakan daging olahan, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan disfungsi endotel (lapisan dalam pembuluh darah) karena kandungan natrium dan nitratnya yang tinggi.

Selain itu, pola makan nabati telah terbukti mengurangi kolesterol LDL, tekanan darah, gula darah, peradangan, dan kelebihan berat badan bahkan jika dibandingkan dengan pola makan omnivora (pola makan yang mencakup sumber nabati dan hewani) dengan asupan kalori yang sama.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: