Resep Membuat Sate Ayam Anti-mainstream, Rasanya Lebih Gurih!

Resep Membuat Sate Ayam Anti-mainstream, Rasanya Lebih Gurih!

Resep Membuat Sate Ayam Paling Enak-jcomp-Freepik

250 ml santan

2 sdm gula palem hitam, atau sesuai selera (lihat catatan)

1 sdm kecap manis

300 gram kacang tanah mentah, sangrai lalu haluskan

BACA JUGA:Takut Mabuk Saat Perjalanan Mudik? Ini Tips Ampuh Mencegah Agar Tak Jekpot di Jalan

Langkah-langkah membuat sate ayam:

1. Untuk bumbu ayam, haluskan serai dan bawang merah dengan blender, tambahkan sisa bahan dan proses hingga menjadi pasta halus.

2. Campurkan ayam dengan marinade dalam wadah non-reaktif dan dinginkan agar bumbu meresap (4-6 jam atau sebaiknya semalaman).

3. Untuk kuah satenya, campurkan bawang merah emas, bawang putih, serai, cabai rawit, lengkuas, jahe, bumbu halus dan belacan ke dalam food processor lalu haluskan hingga menjadi pasta (2-3 menit). Menyisihkan.

4. Peras ampas asam jawa di atas saringan yang diletakkan di atas mangkuk, lalu tekan melalui saringan, sisakan cairannya dan buang padatannya.

5. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang-besar, masukkan campuran sate dan tumis hingga harum (4-5 menit). Tambahkan air asam jawa, masak hingga mendidih sambil sesekali diaduk.

6. Tambahkan santan dan didihkan dengan api kecil-sedang, aduk terus (4-5 menit).

7. Tambahkan gula pasir, kecap manis, separuh kacang tanah dan garam secukupnya, lalu masak dengan api kecil-sedang hingga kuah mengental (3-4 menit). Jika saus terlalu kental, encerkan dengan sedikit air. Sesaat sebelum disajikan, tambahkan sisa kacang.

8. Masukkan 3-4 potong ayam ke setiap tusuk sate.

9. Panaskan pemanggang arang atau barbekyu dengan suhu tinggi dan panggang tusuk sate ayam, olesi terus dengan minyak, sampai ayam sedikit gosong di luar dan matang di dalam (4-6 menit).

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: