Bahaya Menahan Kencing Saat Mudik, Bisa Kena Ginjal!

Bahaya Menahan Kencing Saat Mudik, Bisa Kena Ginjal!

Jangan tahan kencing saat mudik-krakenimages.com-Freepik

BACA JUGA:Tol Rute Jogja-Solo Ruas Colomadu-Ngawen Tercatat Dilewati 5.878 Kendaraan, Ternyata Ini Faktornya

Dalam kondisi normal, urine memiliki peran yang penting dalam proses mengeluarkan bakteri dan kuman dari tubuh manusia. 

Namun, jika urine ditahan dalam kandung kemih untuk jangka waktu yang lama, hal ini membuat kondisi yang lebih hangat dan lembab di dalam kandung kemih yang merupakan tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri, sehingga bakteri dapat berkembang biak di tubuh.

Selain itu, kebiasaan menahan pipis juga dapat memiliki dampak yang lebih serius ke kesehatan tubuh, tidak hanya menyerang sistem saluran kemih. 

Jika situasinya menjadi lebih parah dan berlanjut ke masalah pada ginjal, bukan tidak mungkin akan terjadi gangguan yang menghambat seseorang dalam proses buang air kecil secara total.

BACA JUGA:GIIAS 2024 Bakal Tampil Beda, Ada Tambahan Hall Baru dan Hadir di Bulan Juli Mendatang!

"Kalau nahan kencing keseringan atau malah sampai nggak bisa kencing nih. Antara saluran kencing bagian atas dengan bagian bawah itu tertutup. Jadi kalau di bawah penuh, maka semua akan naik ke ginjal, meresap ke ginjal, ya itu ekstremnya," terang dr. Imam.

Hal ini menunjukkan bahwa menahan pipis terlalu lama dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang serius pada kesehatan tubuh, bahkan dapat mengarah pada gangguan fungsi ginjal yang mengancam nyawa. 

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dan merespons kebutuhan buang air kecil sesegera mungkin, demi menjaga kesehatan sistem kemih dan mencegah terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius di masa depan.

Selain itu, menahan kencing juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang dapat mengganggu perjalanan mudik lebaran.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: