Bahaya Menahan Kencing Saat Mudik, Bisa Kena Ginjal!

Bahaya Menahan Kencing Saat Mudik, Bisa Kena Ginjal!

Jangan tahan kencing saat mudik-krakenimages.com-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Saat melakukan perjalanan jauh untuk mudik, banyak orang memiliki kecenderungan untuk menahan keinginan buang air kecil

Alasan di balik hal ini bisa bermacam-macam, mulai dari antrean panjang di toilet umum hingga kekhawatiran akan kebersihan fasilitas toilet yang tersedia. 

Bagaimanapun keadannya, kebiasaan menahan kencing ini sebaiknya dihindari oleh para pemudik, sebab bisa menimbulkan masalah bagi tubuh. 

BACA JUGA:Vadel Badjideh Berani Putuskan Loly, Asal Dapat Persetujuan Ini dari Nikita Mirzani

Menahan keinginan untuk buang air kecil terlalu lama dapat memiliki dampak negatif terhadap kesehatan, seperti yang disarankan oleh dokter spesialis urologi, dr Rochani, SpB, SpU(K), dari RS Abdi Waluyo.

Menurut dr. Rochani, secara normal, tubuh manusia menghasilkan sekitar 100 cc urine setiap jam dan kandung kemih memiliki kapasitas maksimal sekitar 400 cc. 

Berdasarkan kapasitas kandung kemih tersebut, dianjurkan untuk tidak menahan keinginan buang air kecil selama lebih dari 4 jam.

"Kalau sudah 4 jam, pengen kencing, sebaiknya kencing," kata dr. Rochani.

BACA JUGA:Ini Faktor Erspo Menang Tender Jersey Timnas, Erick Thohir Ungkap Faktanya

Dengan mempertimbangkan volume urine yang dihasilkan oleh tubuh setiap jam dan kapasitas kandung kemih yang maksimal, menahan pipis selama lebih dari 4 jam dapat menimbulkan tekanan yang tidak sehat pada kandung kemih. 

Menurut dr. Adistra Imam Satjakoesoemah, SpU, FICS, menahan pipis dapat membuat meningkatnya kemungkinan terjadinya infeksi. 

Hal ini dikarenakan urine merupakan tempat yang optimal dan efektif bagi pertumbuhan bakteri dan kuman.

"Urine itu isinya ada zat-zat metabolik, zat-zat sisa. Makanya ketika dia nahan ketika ada kuman masuk, jadi gampang berkembang biak menjadi kuman. Bisa menjadi infeksi saluran kencing (ISK)," kata dr. Imam.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: