Tol Rute Jogja-Solo Ruas Colomadu-Ngawen Tercatat Dilewati 5.878 Kendaraan, Ternyata Ini Faktornya

Tol Rute Jogja-Solo Ruas Colomadu-Ngawen Tercatat Dilewati 5.878 Kendaraan, Ternyata Ini Faktornya

Jalan tol di Canada-wirestock-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pada hari Jumat, 5 April 2024 yang merupakan 5 hari menjelang Hari Raya Lebaran, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui mitra mereka PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mencatat bahwa jalur Tol Solo-Jogja-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) Ruas Colomadu-Ngawen (Klaten) sepanjang 22 kilometer (KM) dilalui oleh total 5.878 kendaraan saat periode gratis.

Jumlah kendaraan yang melintas ini mencakup semua jenis kendaraan yang menggunakan jalur fungsional tersebut. 

Dari data yang dikumpulkan, ditemukan bahwa lonjakan kendaraan paling signifikan terjadi pada jam sore menjelang waktu berbuka puasa, khususnya antara pukul 16.00 hingga 17.00 WIB.

BACA JUGA:Lifebuoy Adakan Kampanye Sentuhan Sehat Demi Dukung Para Orangtua Jaga Kesehatan Anak

Hal ini dijelaskan langsung oleh Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah, ia menjelaskan total kendaraan yang melintas secara rinci.

"Dari data lalu lintas yang keluar akses fungsional, kami mencatat Exit Ngawen (Klaten) merupakan exit favorit pengguna jalan dengan jumlah kendaraan yang keluar akses tersebut mencapai 3.135 kendaraan dengan lalu lintas tertinggi pada pukul 16.00-17.00 WIB sejumlah 578 kendaraan. Sementara itu, untuk Exit Ceper Karanganom tercatat sebanyak 926 kendaraan dengan lalu lintas tertinggi pada pukul 16.00-17.00 WIB sebanyak 142 kendaraan," kata Rudy, pada hari Sabtu, 6 April 2024.


Ada Penyesuaian Tarif Tol Cipali, Ini Daftar Tarif Terbarunya-tawatchai07-freepik

Fenomena ini tidaklah mengherankan mengingat jarak waktu yang mendekati berbuka puasa yang membuat banyak orang memilih untuk melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pada saat itu. 

Selain itu, periode gratis juga bisa menjadi faktor peningkatan jumlah kendaraan yang melintas, karena para pengguna jalan tol dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan perjalanan tanpa biaya tol, sehingga bisa lebih menghemat biaya perjalanan mudik.

BACA JUGA:PermataBank Lakukan Analisis Makroekonomi, Mencakup Proyeksi Ekonomi Global Tahun 2024

Data ini menjadi gambaran tentang pola lalu lintas di jalur Tol Solo-Jogja-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) menjelang Hari Raya Lebaran yang dapat menjadi acuan bagi pihak terkait untuk mengatur lalu lintas dan memastikan kelancaran perjalanan para pengguna jalan tol selama masa liburan.

Selain itu, Rudy juga menegaskan bahwa kendaraan yang diizinkan untuk melintasi jalur fungsional tersebut hanya kendaraan golongan I Non Bus atau kendaraan kecil. 

Hal ini menunjukkan kebijakan tertentu yang diterapkan untuk mengatur jenis kendaraan yang diperbolehkan menggunakan jalur tersebut selama periode tertentu.

"Yang diperbolehkan melewati jalur fungsional ini khusus kendaraan Golongan I Non Bus/Kendaraan Kecil. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 KM/jam," jelas Rudy.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: