Penderita Darah Tinggi Wajib Hindari 3 Jenis Makanan Ini!

Penderita Darah Tinggi Wajib Hindari 3 Jenis Makanan Ini!

dampak gorengan-Ilustrasi-Pinterest

BACA JUGA:Bulog Alirkan Beras SPHP dengan Harga Jomplang di Pasar Johar Karawang

Makanan yang mengandung tinggi gula, terutama produk pemanis buatan, juga termasuk dalam daftar makanan yang sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki tekanan darah tinggi. 

Gula, baik dalam bentuk sukrosa maupun fruktosa, memiliki kemampuan untuk menghambat produksi nitrogen monoksida (NO) dalam tubuh. 

NO merupakan zat yang penting karena berperan dalam menjaga elastisitas pembuluh darah. 

Penurunan kadar NO dalam tubuh dapat mengganggu fungsi normal pembuluh darah dan akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan darah. 

BACA JUGA:Ternyata Pangeran Zuko di Serial Avatar Punya Darah Indonesia Asli, Benarkah?

Oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan yang tinggi gula, terutama pemanis buatan, dapat membantu dalam menjaga kesehatan kardiovaskular dan mengelola tekanan darah secara optimal.

2. Goreng-gorengan

Gorengan telah menjadi bagian dari pola konsumsi harian masyarakat Indonesia sebagai camilan yang populer. 

Meskipun begitu, makanan ringan ini termasuk dalam kategori yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan berbagai masalah kardiovaskular lainnya.

BACA JUGA:7 Tips Perawatan Kucing yang Susah Banget Makan, Yuk Bikin Anabul Lahap Lagi

Sebagian besar gorengan diproses dengan menggunakan minyak hidrogenasi, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL atau yang biasa disebut sebagai 'kolesterol jahat' dalam tubuh. 

Tingginya kolesterol LDL ini dapat menyebabkan penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah, yang kemudian dapat memicu peningkatan tekanan darah atau hipertensi.

Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki masalah hipertensi, disarankan untuk menghindari konsumsi gorengan secara berlebihan atau bahkan mengurangi asupan makanan tersebut. Menjalani gaya hidup sehat dengan memilih alternatif camilan yang lebih sehat dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengelola tekanan darah secara efektif.

3. Tinggi garam

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: