Nyeri Linu di Badan Ganggu Aktivitas, Begini 5 Cara Atasinya

Nyeri Linu di Badan Ganggu Aktivitas, Begini 5 Cara Atasinya

cara atasi badan linu-Ilustrasi-Pixabay

Saat digunakan untuk bekerja terus-terusan, otot mungkin akan menerima banyak tekanan. Hal tersebut juga bisa terjadi saat Anda kurang menggerakkan otot-otot. Akibatnya, otot menjadi tegang, kaku, dan terasa nyeri.

Untuk membantu meredakan atau mengatasi pegal linu yang terjadi akibat kaku otot, Anda bisa menggunakan kompres atau berendam air hangat. Hawa panas yang meresap dalam kulit bisa mengurangi ketegangan dan tekanan pada otot.

Bila menggunakan kompres, Anda bisa menempelkan kompres hangat pada area tubuh yang terasa pegal selama kurang lebih 20 menit. Bila Anda memilih berendam, cukup siapkan air hangat dan berendamlah selama beberapa menit.

Ingat, jangan terlalu memaksakan otot untuk bekerja keras setiap hari. Berilah jeda setidaknya 1–2 hari sebelum kembali melakukan olahraga.

BACA JUGA:6 Makanan Ampuh untuk Turunkan Berat Badan, Cocok Buat Diet Simpel

4. Konsumsi Air Putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi, termasuk cara atasi pegal linu yang mudah. Air ini akan bergerak ke seluruh sistem dalam tubuh. 

Sehingga akan memudahkan meredakan peradangan, membuang racun, dan menyuplai nutrisi otot. Perhatikan juga warna urin untuk mengetahui kecukupan asupan air putih.

5. Kompres Air Dingin

BACA JUGA:HP Ini Canggih Banget, Punya Fitur Oke Tapi Harga Jualnya Cuma Rp1 Jutaan Loh!

Kompres air dingin termasuk cara paling cepat dan mudah. Cara atasi pegal linu ini dapat kecilkan pembengkakan. Bahkan juga meredakan cedera dan luka pada otot.

Kompres air dingin yang dimaksud, membalut es batu. Hindari mengompresnya tanpa membalut. Aplikasikan selama 15 sampai 20 menit pada bagian nyeri. Saat mengompres beri jeda setiap ingin mengulangi.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: