Begini Cara Atasi GERD dan Maag Tanpa Obat, Ahli Harvard Beri Petunjuk Jelas!

Begini Cara Atasi GERD dan Maag Tanpa Obat, Ahli Harvard Beri Petunjuk Jelas!

Cara mengatasi sakit maag-@promag-Instagram

6. Tidur dengan posisi miring: Idealnya, kepala Anda harus sedikit lebih tinggi dari kaki Anda, sekitar 6 hingga 8 inci. Anda bisa menggunakan bantalan yang lebih tinggi untuk mendukung kepala Anda. Dr. Wolf tidak menyarankan menggunakan banyak bantal karena itu tidak akan membantu kondisi yang Anda butuhkan.

7. Pertahankan berat badan ideal: Berat badan berlebihan dapat menyebabkan tekanan berkurang pada otot yang menutup sfingter esofagus bagian bawah. Hal ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan dan mulas. Jika Anda disarankan untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk melakukannya.

8. Berhenti merokok: Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah. Hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan.

9. Periksa obat yang Anda konsumsi: Jika Anda sedang mengonsumsi obat, periksalah obat-obat tersebut, termasuk estrogen pasca menopause, antidepresan trisiklik, dan obat penghilang rasa sakit anti inflamasi. Obat-obatan tersebut dapat melemahkan sfingter. Terutama obat-obat seperti alendronate (Fosamax), ibandronate (Boniva), atau risedronate (Actonel), yang digunakan untuk meningkatkan kepadatan tulang, dapat menyebabkan iritasi pada kerongkongan.

BACA JUGA:Ciri-ciri Penyakit Maag yang Jarang Diketahui, Yuk Simak Cara Mencegahnya

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan asam lambung tanpa menggunakan obat.

Namun, jika cara-cara tersebut tidak efektif atau Anda mengalami gejala yang lebih parah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: