Begini Cara Atasi GERD dan Maag Tanpa Obat, Ahli Harvard Beri Petunjuk Jelas!

Begini Cara Atasi GERD dan Maag Tanpa Obat, Ahli Harvard Beri Petunjuk Jelas!

Cara mengatasi sakit maag-@promag-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Gejala asam lambung atau GERD dapat menyebabkan penderitanya merasa sangat tersiksa dan tidak nyaman.

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi di mana otot kerongkongan melemah.

Masyarakat umumnya mengenalnya sebagai penyakit asam lambung atau maag.

BACA JUGA:Tips Lancar Puasa Ramadan Satu Bulan Bagi Penderita Maag

Menurut penelitian dari Harvard Health Publishing, yang dilakukan oleh Harvard Medical School, gejala umum yang sering dirasakan termasuk nyeri di perut bagian atas dan dada, yang sering disebut sebagai mulas.

Meskipun minum obat merupakan perawatan standar asam lambung, ada beberapa cara lain yang dapat dicoba untuk mengurangi gejala tersebut.

Informasi dari Dr. Jacqueline Wolf, seorang ahli gastroenterologi dan profesor kedokteran di Harvard Medical School, ada 9 cara mengobati asam lambung tanpa obat yang direkomendasikan, yaitu sebagai berikut:

1. Makan dalam porsi kecil dan perlahan: Ketika perut terlalu penuh, risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan meningkat. Oleh karena itu, disarankan untuk makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering, daripada makan dalam jumlah besar sebanyak tiga kali sehari.

BACA JUGA:Puasa Bisa Sembuhkan Penyakit Maag, Benarkah? Ini Faktanya

2. Hindari makanan tertentu: Jika Anda memiliki risiko asam lambung, disarankan untuk menghindari makanan-makanan yang dapat memicu gejala tersebut, seperti makanan berlemak, pedas, mint, tomat, bawang merah, bawang putih, kopi, teh, cokelat, dan alkohol.

3. Hindari minuman bersoda: Minuman bersoda dapat menyebabkan perut kembung karena gas yang terkandung di dalamnya. Hal ini dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Sebaiknya konsumsilah air putih biasa daripada minuman bersoda.

4. Tidak tidur setelah makan: Disarankan untuk tidur setelah makan selama tiga jam. Artinya, Anda tidak boleh tidur siang setelah makan siang atau makan malam. Hal ini dapat mengurangi risiko mengantuk serta langsung tertidur.

5. Hindari aktivitas berat setelah makan: Setelah makan, disarankan untuk menghindari olahraga berat. Jika Anda hanya berjalan-jalan ringan, itu masih diperbolehkan, tetapi menghindari aktivitas yang melibatkan membungkuk karena bisa memicu naiknya asam lambung.

BACA JUGA:Perlu Tau! Melihat Pengalaman Ardhito Pramono, Kenapa Maag Akut Bisa Bikin Pingsan? Gini Jawaban Ahli...

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: