Perlu Tau! Melihat Pengalaman Ardhito Pramono, Kenapa Maag Akut Bisa Bikin Pingsan? Gini Jawaban Ahli...

Perlu Tau! Melihat Pengalaman Ardhito Pramono, Kenapa Maag Akut Bisa Bikin Pingsan? Gini Jawaban Ahli...

Cara mengatasi sakit maag-@promag-Instagram

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Melihat pengalaman yang dirasakan Ardhito Pramono pingsan saat manggung karena sakit maag akut, membuat banyak orang khawatir oleh kesehatannya sendiri.

Maag merupakan sakit yang dirasakan di bagian perut terasa perih, bisa jadi karena terlalu sering telat makan dan juga konsumsi makanan pedas keseringan.

Lantas benarkah maag bisa menyebabkan seseorang hilang kesadaran diri?

BACA JUGA:TERBONGKAR! 9 Cara Membangun Merek Pribadi sebagai Youtuber Sukses, Ssst...Belum Banyak Diketahui Orang Brew...

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, maag sangat memungkinkan membuat penderitanya pingsan, jika merasakan nyeri berlebihan.

"Apakah orang sakit maag itu ketika mengalami serangan sampai bisa sedemikian sakitnya dan tidak sadarkan diri? Jawabannya bisa," ujar Ari dalam Jumpa Pers Senin, 20 Februari 2023.

Saat kondisi asam lambung dalam tubuh meningkat, para penderita maag akan merasakan sakit yang luar biasa, terlebih jika terdapat luka di lambungnya. Tidak hanya merasa sakit di bagian ulu hati saja, saat kambuh penderitanya bisa merasa sesak hingga kesulitan bernapas. Kondisi ini disebut GERD.

"Dan sebagian juga pasien-pasien tersebut bisa juga mengeluh merasa sesak nafas, susah bernafas kenapa? Karena asam lambung itu bisa saja naik ke atas reflux yang kita bilang dengan GERD," ungkap Ari.

BACA JUGA:Iwet Ramadhan Jelaskan Gejala Pendarahan Selaput Otak yang Dialaminya: 'Badan Sebelah Kiri Melemah Drastis'

Ari menjelaskan, meningkatnya asam lambung dalam tubuh bisa dipicu karena kondisi tubuh yang kelelahan dan stres berlebih. Maka jika penderita sedang merasakan tidak nyaman akibat maag, Ari mengimbau untuk segera mengonsumsi obat agar bisa mencegah asam lambung meningkat.

"Bagaimana menyiasatinya? Tetap tenang. Kalau memang ada obat penekan asam lambung silakan dikonsumsi atau obat-obat seperti antasida juga bisa digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut," ungkapnya.

Penderita maag harus menjaga dan memilih makanan untuk dikonsumsi agar tidak memicu asam lambung kembali naik.

Penderita maag harus menghindari makanan asam, terlalu berlemak dan berminyak hingga cokelat dan keju.

BACA JUGA:Lagi dan Lagi, Paula Verhoeven Dihujat Netizen, Kenapa Ya?

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber