5 Cara untuk Menjaga Kandungan di Usia Hamil Muda, Catat Yuk!

5 Cara untuk Menjaga Kandungan di Usia Hamil Muda, Catat Yuk!

mejaga kandungan saat hamil muda-/PIXABAY/StockSnap-PIXABAY

3. Tidak merokok/menghindari asap rokok

Merokok maupun asap rokok merupakan hal krusial yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Pasalnya, rokok dapat membahayakan ibu dan janin karena dapat berakibat pada kehamilan di luar rahim, ketuban pecah sebelum waktunya,, kelahiran cacat, bahkan keguguran.

4. Hati-hati dalam mengonsumsi obat

Ibu hamil muda harus ekstra hati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan, terlebih obat warung yang dijual bebas di apotik. Tidak sedikit jenis obat yang diminum ibu hamil mampu menembus plasenta, sehingga beredar di tubuh janin. Efek obat ini tidak menimbulkan bahaya pada tubuh ibu, namun dapat menimbulkan masalah pada tumbuh kembang janin. 

BACA JUGA:Nah Loh! Kompol Kasranto Harus Rela Kehilangan Jabatannya Usai Terlibat Kasus Irjen Teddy Minahasa

BACA JUGA:Jaksa Penuntut Umum Menyebut Ferdy Sambo Licik, Ini Penyebabnya

5. Menambah asupan asam folat & zat besi

Ibu hamil membutuhkan sebanyak 400 mcg asam folat setiap hari. Peran asam folat penting sekali pada trimester awal, karena membantu dalam perkembangan saraf janin.

Selain asam folat, ibu hamil muda juga membutuhkan asupan zat besi. Konsumsi zat besi yang cukup selama masa kehamilan merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Kondisi kekurangan zat besi dapat menyebabkan ibu mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: