Punya Asam Urat Tinggi, Baiknya Hindari Konsumsi Makanan Berikut ini

Punya Asam Urat Tinggi, Baiknya Hindari Konsumsi Makanan Berikut ini

ilustrasi makanan-istimewa-freepik

Efek purin dari daging merah sangat berpotensi meningkatkan produksi asam urat hingga tidak terkendali.

BACA JUGA:Sertifikasi Indikasi Geografis Dinilai Aspek Penting Bisnis

Apabila kadar asam urat semakin tinggi, risiko timbul gejala yang cukup menyakitkan. 

Seperti sendi nyeri mendadak, kesulitan berjalan, dan muncul kemerahan pada persendian.

3. Kacang-Kacangan

+++++

Kacang hijau, kacang tanah, kacang kering, kacang polong, kacang merah, kacang kedelai, melinjo, termasuk polong-polongan kaya akan purin.

Per satu ons kacang tanah mengandung sekitar 22 miligram purin, sementara per tiga ons kacang polong terdapat 5-100 miligram purin.

Begitu juga kedelai dalam tahu atau tempe sebaiknya tidak dikonsumsi karena cukup rentan memicu kambuh pada asam urat sendi.

4. Makanan Olahan

BACA JUGA:Soal Wakil Ketua DPRD Depok yang Viral Hukum Sopir Truk, Golkar Ancam Pecat!

Ada banyak jenis makanan olahan kemasan yang tinggi purin, natrium, pengawet, serta minim gizi, di antaranya ikan kalengan, abon, kornet, nugget, daging cincang, daging beku, dendeng kering, dan masih banyak lagi.

Makanan tersebut disarankan dihindari untuk meminimalisir nyeri sendi. 

Sebaiknya perbanyak makanan yang diolah sendiri, segar, supaya hidup lebih sehat.

+++++

Sumber:

(edited)