Dicecar KPK Soal Aliran Uang dari Bupati Mamberamo Tengah, Ini Jawaban Nowela Idol

Dicecar KPK Soal Aliran Uang dari Bupati Mamberamo Tengah, Ini Jawaban Nowela Idol

Nowela Elizabeth Mikelia Auparay atau Nowela Idol--Instagram @mikhelia


Nowela Elizabeth Mikelia Auparay atau Nowela Idol||Instagram @mikhelia

 

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Penyanyi Nowela Elizabeth Mikelia Auparay atau Nowela Idol turut diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap dan gratifikasi proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah yang tengah disidik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Nowela turut diperiksa karena diduga menerima aliran uang dari Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Selain Nowela, Presenter TV Brigita Purnawati Manohara yang turut diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus ini.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan pada Jumat (29/7/2022) mengatakan, kedua saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan dugaan adanya aliran sejumlah uang dari tersangka Ricky Ham Pagawak.

BACA JUGA:Fakta! Toge Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma Pria Dalam 14 Hari, Karena Punya Kandungan Zat ini...

Ditambahkan Ali Fikri, Nowela dan Brigita juga dikonfirmasi terkait sejumlah alat bukti berupa dokumen keuangan yang disinyalir berkaitan dengan perkara dimaksud.

Sementara itu, Nowela Idol kepada wartawan usai diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (29/7/2022), mengaku dicecar penyidik soal aliran uang dari Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak.

Nowela mengaku ada menerima yang dari Ricky Ham Pagawak. Namun Nowela berdalih uang yang ia terima itu sebagai honor atas jasanya menyanyi dalam acara Partai Demokrat di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua, dimana Ricky Ham menjabat sebagai ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat setempat.

+++++



"Kebetulan memang saya pernah diundang nyanyi. Dimintai keterangan itu aja," kata Nowela seperti dikutip dari fin.co.id.

Namun ia tak memerinci secara persis besaran uang yang diterima dari Ricky Ham Pagawak itu. Nowela menekankan uang itu merupakan honor profesional dirinya sebagai penyanyi dalam acara tersebut.

Sebelumnya, KPK telah menerbitkan DPO atas nama Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Ia kabur ke Papua Nugini kala hendak dijemput paksa oleh KPK.

KPK telah memeriksa orang-orang terdekat buronan itu yang diduga membantu pelarian sang bupati ke luar negeri.

BACA JUGA:Komnas Ham Melanjutkan Penyelidikan, Orang-Orang Dekat Kadiv Propam Irjen Sambo Ikut Terlibat?

KPK juga meminta para pihak agar tidak membantu tersangka melakukan persembunyian atau penghindaran atas proses penegakan hukum secara sengaja.

Karena perbuatan tersebut dapat dijerat pidana merintangi proses penyidikan perkara sebagaimana diatur dalam Pasal 21 UU Tipikor.

KPK juga mengimbau masyarakat yang mengetahui keberadaa Ricky Ham dapat segera melaporkan kepada KPK atau aparat lainnya agar bisa segera dilakukan penangkapan.

+++++



Dalam pencarian ini, KPK juga mengapresiasi pihak Kepolisian khususnya Polda Papua yang turut membantu dalam pencarian DPO dimaksud.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: