KPK Periksa Penyanyi Nowela Idol Terkait Kasus Bupati Mamberamo Tengah

KPK Periksa Penyanyi Nowela Idol Terkait Kasus Bupati Mamberamo Tengah

Nowela Elizabeth Mikelia Auparay atau Nowela Idol--Instagram @mikhelia


Nowela Elizabeth Mikelia Auparay atau Nowela Idol akan diperiksa KPK terkait kasus suap dan gratifikasi proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua|Instagram @mikhelia|

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Jumat (29/7/2022), mengagendakan pemeriksaan terhadap penyanyi Nowela Elizabeth Mikelia Auparay atau Nowela Idol.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan mengatakan, juara ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol itu dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua, dimana Bupati Ricky Ham Pagawak telah ditetapkan sebagai tersangka.

Selain Nowela, Ali Fikri mengatakan penyidik juga melakukan pemanggilan terhadap saksi Jemmy Suhadi dari pihak swasta.

Dalam kasus ini, KPK telah menerbitkan DPO atas nama Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, yang kabur ke Papua Nugini saat akan dilakukan penjemputan paksa.

BACA JUGA:Usai Diperiksa 9 Jam, Roy Suryo Gunakan Penyangga Leher

Ali Fikri dalam keterangannya pada Senin (18/7/2022) mengatakan, pihaknya telah memeriksa sejumlah orang dekat Ricky Ham, yang diduga membantu pelarian sang bupati.

Ditegaskan Ali Fikri, keberadaan Ricky Ham terus ditelusuri. Saat ini, kata dia, tim masih menganalisa berbagai keterangan dari pihak yang telah diperiksa.

Lebih lanjut Ali Fikri mengatakan, KPK meminta para pihak agar tidak membantu tersangka melakukan persembunyian atau penghindaran atas proses penegakan hukum secara sengaja.

+++++

Karena, kata dia, perbuatan tersebut dapat dijerat pidana merintangi proses penyidikan perkara sebagaimana diatur dalam Pasal 21 UU Tipikor.

KPK, lanjutnya, juga mengimbau masyarakat yang mengetahui keberadaa Ricky Ham dapat segera melaporkan kepada KPK atau aparat lainnya agar bisa segera dilakukan penangkapan.

Dalam pencarian ini, KPK juga mengapresiasi pihak Kepolisian khususnya Polda Papua yang turut membantu dalam pencarian DPO dimaksud.

Karena tentu telah menjadi komitmen KPK, aparat penegak hukum, serta seluruh elemen masyarakat, bahwa korupsi adalah musuh pembangunan nasional dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera," tegas Ali.

BACA JUGA:Sempat Dikira Istri Ferdy Sambo, Ternyata Ini Identitas Asli Wanita Cantik yang Mirip Putri Candrawathi

Diberitakan sebelumnya, Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak diduga kabur ke Papua Nugini saat hendak dijemput paksa oleh KPK.

Direktur Reksrimum Polda Papua Kombes Pol. Ramdhani Faizal pada Jumat (15/7/2022) mengatakan, Ricky Ham diduga sudah lebih dulu memperoleh informasi bakal dijemput paksa oleh tim KPK di Jayapura, sehingga memilih kabur ke Papua Nugini (PNG) melalui jalan tikus.

Ia menyebut, keberadaan Ricky Ham masih terdeteksi di wilayah Jayapura pada Rabu, 13 Juli 2022.

+++++

Diketahui, KPK telah membuka penyidikan baru terkait dugaan suap dan gratifikasi terkait pelaksanaan proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua.

Namun hingga kini KPK belum mengungkap identitas para tersangka mau pun detail konstruksi perkaranya.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber