Awas! Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Agar Asam Lambung Tidak Naik

Awas! Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Agar Asam Lambung Tidak Naik

Ilustrasi sakit perut-ilustrasi-Freepik

3. Buah-Buahan Yang Asam

Buah-buahan yang asam seperti jeruk, lemon dan tomat dikenal sebagai buah yang kaya akan sumber vitamin C dan menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Namun, bagi penderita asam lambung, konsumsinya perlu diperhatikan dengan baik karena memiliki kandungan asam yang tinggi, yang bisa memperburuk gejala asam lambung dengan meningkatkan keasaman di dalam lambung.

Keasaman tinggi dalam buah citrus bisa melemahkan otot esofagus, sehingga asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan hingga menyebabkan sensasi terbakar di perut.

4. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi adalah jenis yang sebaiknya dihindari ya, karena mengonsumsi makanan berlemak bisa memperlambat proses pencernaan, sehingga meningkatkan produksi asam lambung dan berpotensi memicu gejala maag.

Contoh dari makanan berlemak tinggi yang sebaiknya dihindari adalah gorengan, makanan bersantan serta jeroan.

Agar asam lambung tidak naik, lebih baik konsumsi makanan rendah lemak yang lebih sehat untuk tubuh dan pilihlah makanan yang ringan dan mudah dicerna, sehingga kesehatan lambungmu tetap terjaga.

BACA JUGA:Cat Lover Yuk Merapat, Ini Kafe Kucing di Jabodetabek yang Bisa Kamu Kunjungi

5. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda mengandung gelembung gas karbon dioksida yang bisa merangsang peningkatan produksi gas di dalam lambung.

Gas ini tidak hanya memberikan sensasi berkarbonasi yang khas, tapi juga bisa menyebabkan berbagai masalah pencernaan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi lambung sensitif.

Bagi penderita asam lambung, gelembung gas yang dihasilkan oleh minuman ini bisa memperburuk gejala maag dengan membuat perut terasa penuh (kembung) dan tidak nyaman, sensasi kembung ini bisa semakin parah jika dikonsumsi dalam jumlah besar atau dalam keadaan perut kosong.

6. Bawang-Bawangan

Mengonsumsi bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih atau bawang bombai ternyata bisa melemahkan otot pada bagian bawah kerongkongan.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: