Awas! Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Agar Asam Lambung Tidak Naik

Awas! Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Agar Asam Lambung Tidak Naik

Ilustrasi sakit perut-ilustrasi-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID Asam lambung yang berlebih bisa menjadi masalah yang serius karena menyebabkan nyeri ulu hati, kembung dan mual, bagi para penderitanya, memilih makanan yang tepat sangat penting untuk menghindari melonjaknya Asam lambung dan mengelola gejalanya.

Beberapa makanan bisa memicu produksi asam lambung berlebih dan memperburuk kondisi, maka mengetahui apa saja makanan yang harus dihindari adalah hal yang penting.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita asam lambung.

BACA JUGA:Viral Dua Bule Berani Foto Seksi di Pertamini, Disebut Tak Menghargai Budaya Bali

1. Makanan Bercita Rasa Pedas

Sudah seperti menjadi rahasia umum bahwa makanan pedas adalah pantangan bagi penderita asam lambung, sebab sensasi pedas pada makanan berasal dari zat capsaicin yang terdapat dalam cabai, yang diketahui bisa memperburuk iritasi pada lambung.


resep cumi pedas-@cookpad-Instagram

Capsaicin tidak hanya memberikan sensasi pedas, tapi juga memiliki efek memperlambat proses pencernaan, akibatnya, makanan yang mengandung capsaicin cenderung bertahan lebih lama di dalam perut, yang pada gilirannya meningkatkan risiko kenaikan asam lambung.

Dengan adanya penumpukan makanan di perut, asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan, yang bisa menyebabkan gejala seperti heartburn dan ketidaknyamanan lainnya, oleh karena itu, bagi penderita asam lambung, sebaiknya menghindari makanan pedas untuk mencegah iritasi dan gangguan pencernaan lebih lanjut.

2. Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan beberapa jenis soda bisa merangsang peningkatan produksi asam lambung.

Kopi, teh dan minuman bersoda bukan hanya merangsang produksi asam lambung, tapi juga mempengaruhi katup antara lambung dan esofagus, yang disebut sfingter esofagus bawah.

Ketika katup tersebut melemah atau terlalu rileks, asam lambung bisa dengan mudah bergerak naik dan menyebabkan gejala refluks asam, kondisi ini bisa menyebabkan sensasi terbakar di dada yang dikenal sebagai heartburn, serta berbagai masalah pencernaan lainnya.

BACA JUGA:Bastian Steel Lamar Sitha Marino Setelah Berpacaran Selama 4 Tahun

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: