10 Cara Sederhana Menghilangkan Stres, Santai Aja Tanpa Beban

10 Cara Sederhana Menghilangkan Stres, Santai Aja Tanpa Beban

Cara Meredam Stres Seharian-wavebreakmedia_micro-Freepik

4. Cobalah membuat jurnal

Menulis jurnal dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan serta memberikan penyaluran positif untuk pikiran dan emosi Anda.

Sebuah studi tahun 2018 mencatat bahwa tulisan ekspresif atau tulisan terapeutik dapat bermanfaat bagi orang yang mengelola kondisi kesehatan kronis, termasuk namun tidak terbatas pada kondisi kesehatan mental seperti depresi.

Mereka mencatat bahwa menulis jurnal secara teratur mungkin berhubungan dengan kualitas hidup yang lebih tinggi, perilaku perawatan diri yang lebih proaktif, dan perilaku sehat lainnya, seperti mengonsumsi obat yang diresepkan.

Anda juga dapat mencoba jurnal terpandu jika Anda lebih menyukai tulisan yang lebih bertarget dan ekspresif.

BACA JUGA:Halo Bumil, Intip Rekomendasi Skincare yang Aman untuk Kamu Yuk

5. Kurangi asupan kafein

Kafein adalah bahan kimia dalam kopi, teh, coklat, dan minuman energi yang merangsang sistem saraf pusat Anda.

Mengonsumsi terlalu banyak dapat memperburuk kecemasan, menurut tinjauan literatur tahun 2021 tentang subjek tersebut. Konsumsi berlebihan juga dapat mengganggu tidur Anda. Pada gilirannya, hal ini dapat meningkatkan gejala stres dan kecemasan.

Setiap orang memiliki ambang batas yang berbeda-beda mengenai seberapa banyak kafein yang dapat mereka toleransi. Jika kafein membuat Anda gelisah atau cemas, pertimbangkan untuk menguranginya dengan mengganti kopi atau minuman berenergi dengan kopi tanpa kafein, teh herbal, atau air.

Meskipun kopi memiliki manfaat kesehatan dalam jumlah sedang, disarankan untuk menjaga asupan kafein di bawah 400 mg setiap hari, yang setara dengan 4–5 cangkir (0,9–1,2 L) kopi.

Namun, orang yang sensitif terhadap kafein mungkin mengalami peningkatan kecemasan dan stres setelah mengonsumsi lebih sedikit kafein, jadi penting untuk mempertimbangkan toleransi Anda.

BACA JUGA:Kabupaten Garut Dilanda Gempa, Terasa Sampai Jakarta!

6. Habiskan waktu bersama teman dan keluarga

Dukungan sosial dari teman dan keluarga dapat membantu Anda melewati masa-masa stres dan mengatasi stres.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: