Kabupaten Garut Dilanda Gempa, Terasa Sampai Jakarta!

Kabupaten Garut Dilanda Gempa, Terasa Sampai Jakarta!

Bahaya Gempa Bumi M4,8 yang Mengguncang Wilayah Malang, Jawa Timur-macrovector-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Pada tanggal 27 April 2024, Kabupaten Garut dilanda gempa dengan goncangan yang luar biasa hingga terasa sampai ke JAKARTA.

Gempa yang bermagnitudo 6,5 ini kabarnya terasa sampai ke beberapa wilayah berbeda yang ada disekitarnya.

Berikut ini informasi mengenai Garut yang mengalami gempa.

BACA JUGA:5 Tips yang Dijamin Bikin Makeup Kamu Anti Crack dan Nyaman Seharian

Gempa yang berpusat di Kabupaten Garut pada Sabtu, 27 April 2024 yang terjadi sekitar pukul 23.29 WIB ini berkekuatan Magnitudo 6,5.

Gempa tersebut terasa sampai ke beberapa wilayah di sekitar Jawa Barat, seperti Bandung Raya, Cianjur, Sukabumi, Majalengka, dan beberapa wilayah lainnya.


NTT di Guncang Gempa Magnitudo 6,0 SR-ilustrasi -pixabay
Bahaya Gempa Bumi M4,8 yang Mengguncang Wilayah Malang, Jawa Timur-macrovector-Freepik

Gempa yang berlangsung selama hampir 2 menit ini membuat panik masyarakat karena magnitudo dan guncangannya dinilai besar.

Namun, lewat postingan di platform media sosial X @infoBMKG, BMKG meyakinkan kalau gempa tersebut tidak berpotensi pada tsunami.

BACA JUGA:Puluhan Orang di Thailand Tewas Karena Suhu Panas yang Sangat Ekstrem

Berdasarkan postingan X nya juga BMKG menginformasikan kalau gempa terjadi di 151 km Barat Daya Kabupaten Garut Jawa Barat dengan kedalaman 10 km.

Selain itu, berdasarkan postingan X @DaryonoBMKG, gempa tersebut dipicu oleh adanya deformasi batuan di lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa Baat atau biasanya disebut gempa dalam lempeng.

Lalu di jelaskan juga, dampak gempa di Selatan Jabar ini terasa sampai di Cianjur Selatan IV-V MMI, Sukabumi, Tasikmalaya IV MMI, Bandung, Garut, Sumedang III-IV MMI, Pandegalang, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, DKI Jakarta, Kebumen, Banyumas, Cilacap III MMI, Bantul, Seleman, Kulonprogo dan Trenggalek II MMI.

Dalam postingannya Daryono juga menegaskan kalau gempa ini tidaklah berpotensi tsunami.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: