Waduh, Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Rematik?

Waduh, Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Rematik?

Penyebab rematik-kjpargeter-Freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS - Sebagian besar orang awam seringkali menyamakan kebiasaan tidur di lantai dengan potensi risiko penyakit rematik

Dalam masyarakat umum, kepercayaan tersebut sering diikuti dengan anggapan bahwa tidur di lantai dapat menyebabkan nyeri atau sakit pada bagian tubuh tertentu, yang dianggap sebagai gejala rematik. 

Namun, dr. Liauw Roger Leo, seorang dokter spesialis ortopedi dan traumatologi, menyoroti adanya kesalahpahaman mengenai korelasi antara nyeri saat tidur di lantai dengan penyakit rematik. 

BACA JUGA:6 Manfaat Sayur Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Intip Resep Rahasianya Juga Yuk

Menurut dr. Roger, untuk menegakkan diagnosis rematik, langkah pertama yang diperlukan adalah melakukan pemeriksaan Rheumatoid Factor (RF) melalui proses laboratorium. 

Ia menjelaskan bahwa rematik sebenarnya merupakan suatu kondisi autoimun yang tidak terkait dengan kebiasaan tidur di lantai. 


Penyebab rematik-stefamerpik-Freepik

Penjelasan ini menyoroti pentingnya memahami aspek medis yang mendasari gejala tubuh yang dialami, daripada hanya mengandalkan asumsi yang tidak terbukti secara ilmiah.

"Itu kondisi kelainan pada sendi inflamasi yang sebenarnya harus ditemukan itu rheumatoid factor jadi dia seperti kayak autoimun sebenarnya," jelas dr.Roger, pada hari Kamis, 28 Februari 2024.

BACA JUGA:Ingat! Buya Yahya Tegaskan Jangan Sampai Umat Muslim Lakukan Ini Setelah Subuh, Bisa Bikin Rezeki Seret

Ia juga menegaskan kembali bahwa rematik tidak dapat dipastikan tanpa melakukan pemeriksaan lab lebih lanjut.

"Jadi dia harus ada RF atau pemeriksaan lab harus positif dulu baru disebut rematik atau rheumatoid. Tanpa itu kita nggak bisa mengatakan bahwa seseorang mengalami rematik," tutur dr. Roger

Dokter Liauw Roger Leo menjelaskan bahwa rematik adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara total. 

Meskipun demikian, ia menekankan bahwa rasa nyeri yang mungkin timbul setelah tidur di lantai dapat diatasi dengan lebih mudah melalui pijatan relaksasi. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: