5 Manfaat Merawat Tanaman di Rumah, Biar Nggak Stres Banget Nih!

5 Manfaat Merawat Tanaman di Rumah, Biar Nggak Stres Banget Nih!

Kebiasaan Ini Menjadi Manfaat! 5 Manfaat Merawat Tanaman Buat Lo--freepik

Terapi kebun semakin serius dipertimbangkan oleh para ahli terapi mental sebagai metode yang disarankan.

4. Membantu proses pemulihan setelah sakit

Setelah Anda sakit, mungkin Anda tidak dapat langsung melakukan kegiatan merawat tanaman. Namun, hanya dengan melihat tanaman saja sudah dapat membantu dalam proses pemulihan tubuh. 

Riset yang dilakukan oleh Journal of Alternative and Complementary Medicine terhadap beberapa pasien yang baru saja menjalani operasi menunjukkan bahwa mereka yang melihat tanaman selama masa pemulihan memiliki kondisi yang lebih cepat stabil daripada yang tidak melihat tanaman.

5. Meningkatkan produktivitas kerja 

Tidak hanya di rumah, merawat tanaman juga dapat memberikan sejumlah manfaat dalam lingkungan kerja. Studi yang diterbitkan oleh Journal of Experimental Psychology menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja di kantor yang memiliki tanaman hidup lebih jarang jatuh sakit. 

Bahkan, studi yang dilakukan di Belanda dan Inggris menunjukkan bahwa menaruh tanaman di lingkungan kerja dapat meningkatkan produktivitas sebanyak 15%.

Dengan demikian, merawat tanaman tidak hanya memberikan keindahan visual bagi ruangan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat positif bagi kesehatan. Dalam menjalankan hobi ini, Anda tidak hanya membuat lingkungan menjadi lebih hijau, tetapi juga dapat merawat kesehatan fisik dan mental Anda.

english version:

Caring for plants is a habit that continues to be popular from the past until now. For many people, this activity is not just a hobby to fill their free time, but also has significant health benefits. What are the health benefits of caring for plants? Here are some benefits you need to know.

1. Reduce stress

Studies published by the Journal of Physiological Anthropology show that keeping ornamental plants in the home or office can help reduce stress and increase feelings of comfort and calm. In this study, 24 participants were divided into two groups.

The first group carried out plant care tasks while the second group carried out simple tasks in front of the computer. Then, the blood pressure and stress levels of each participant were monitored. The results showed that stress levels were lower when they were taking care of the plants compared to when they were using the computer.

2. Increase focus

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: