5 Manfaat Merawat Tanaman di Rumah, Biar Nggak Stres Banget Nih!

5 Manfaat Merawat Tanaman di Rumah, Biar Nggak Stres Banget Nih!

Kebiasaan Ini Menjadi Manfaat! 5 Manfaat Merawat Tanaman Buat Lo--freepik

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Memelihara tanaman merupakan kebiasaan yang terus populer dari masa lalu hingga sekarang. Bagi banyak orang, kegiatan ini bukan hanya sekadar hobi untuk mengisi waktu senggang, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Apa saja manfaat merawat tanaman bagi kesehatan? Berikut adalah beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui.

1. Mengurangi stres 

Studi yang diterbitkan oleh Journal of Physiological Anthropology menunjukkan bahwa memelihara tanaman hias dalam rumah atau kantor dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan rasa nyaman dan tenang. Dalam studi ini, 24 peserta dibagi menjadi dua kelompok. 

Kelompok pertama melakukan tugas-tugas merawat tanaman sedangkan kelompok kedua melakukan tugas-tugas sederhana di depan komputer.

Kemudian, tekanan darah dan tingkat stres dari setiap peserta dipantau. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat stres lebih rendah saat mereka merawat tanaman dibandingkan saat mereka menggunakan komputer.

2. Meningkatkan fokus 

Selain memberikan keindahan visual, studi yang diterbitkan oleh International Journal of Environmental Research and Public Health menunjukkan bahwa merawat tanaman memiliki manfaat yang lebih baik bagi tubuh daripada sekadar menaruh tanaman palsu sebagai pajangan.

Dalam studi ini, 24 siswa sekolah dasar ditempatkan di ruang kelas yang berbeda, yang salah satunya memiliki tanaman hidup. 

BACA JUGA:Sudah Tahu? Ini Daftar Tanaman yang Cuma Bisa Tumbuh Subur di Jawa Tengah

Otak mereka diamati menggunakan alat elektroensefalogram (EEG) saat mereka belajar di masing-masing ruangan.

Ternyata, siswa yang berada di ruangan dengan tanaman hidup memiliki fokus yang lebih baik dan lebih mudah berkonsentrasi dibandingkan siswa yang berada di ruangan lainnya.

3. Membantu mengatasi gangguan mental 

Merawat tanaman juga dapat menjadi terapi yang efektif dalam mengatasi berbagai masalah kejiwaan. Studi dari Cambridgeshire and Peterborough NHS Foundation menunjukkan bahwa tanaman dapat membantu memperbaiki suasana hati pada penderita depresi, demensia, kecemasan, dan gangguan mental lainnya. 

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: