Meski Terkenal Angker, Gunung Kawi Diyakini Bisa Datangkan Keberuntungan

Meski Terkenal Angker, Gunung Kawi Diyakini Bisa Datangkan Keberuntungan

cerita gunung kawi-Ilustrasi-Ist

Gunung Kawi terletak pada ketinggian 2.860 mdpl, tepatnya di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dulu namanya adalah Ngajum, kemudian berubah jadi Wonosari karena berada dekat objek wisata spiritual.

Wono artinya hutan, sedangkan sari adalah inti. Seharusnya Wonosari menjadi hutan inti, namun warga setempat menjadikan Wonosari sebagai pusat atau tempat yang mendatangkan rezeki.

Asal mula tersohornya desa ini sebagai kawasan wisata spiritual tak lepas dari kehadiran dua makam juru kunci Gunung Kawi yaitu Eyang Kyai Zakaria alias Eyang Jugo, dan Raden Mas Imam Sujono, alias Eyang Sujo. Penduduk setempat menyebut area pemakaman tersebut dengan nama Pesarean GunungKawi.

Menurut catatan sejarah, Eyang Djoego (jugo) atau Kyai Zakaria II dan Eyang Sujo atau Raden Mas Iman Sudjono adalah bhayangkara terdekat Pangeran Diponegoro. Pada tahun 1830 saat perjuangan terpecah belah oleh siasat kompeni, dan Pangeran Diponegoro tertangkap kemudian diasingkan ke Makasar, Eyang Jugo dan Eyang Sujo mengasingkan diri ke wilayah Gunung Kawi ini.

BACA JUGA:Ibunda Ashraf Tulis Ungkapan Cinta untuk BCL yang Baru Menikah: 'Untuk Setiap Akhir...'

Sejak itu, mereka mengubah perjuangan melalui jalur pendidikan. Mereka sepakat untuk menyebarkan islam lewat dakwah, mengajarkan moral kejawen, bercocok tanam, pengobatan dan keterampilan lain untuk penduduk setempat.

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: