Meski Terkenal Angker, Gunung Kawi Diyakini Bisa Datangkan Keberuntungan

Meski Terkenal Angker, Gunung Kawi Diyakini Bisa Datangkan Keberuntungan

cerita gunung kawi-Ilustrasi-Ist

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Banyak cerita mistis di balik Gunung Kawi dimana tempatnya sangat terkenal dengan keangkeran dimata masyarakat.

Akan tetapi, meskipun angker gunung tersebut dinilai bisa membawa kehokian seseorang menganehkan bukan?

Gunung Kawi ini berada di wilayah Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang sangat terkenal.

BACA JUGA:Buruan Serbu! Lowongan Kerja BUMN Bank Mandiri untuk Fresh Graduate

Gunung ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah tak hanya itu banyak pula wisatawan dan pengais rezeki datang untuk ngalap berkah di berbagai situs peninggalan sejarah yang terdapat pada gunung ini.

Menyeramkan gunung ini didatangkan para wisatawan untuk melakukan pesugihan dan sebagainya.

Masyarakat setempat percaya bahwa Gunung Kawi bermula dari sosok penasihat Pangeran Diponegoro yang bernama Kanjeng Zakaria II alias Eyang Soedjogo yang melipir ke daerah selatan Jawa Timur lantas membuat padepokan.

Setelah menetap sekian lama, beliau mengangkat dua orang murid yang bernama RM Jonet dan Ki Moeridun untuk membuka wilayah hutan sebelah selatan Gunung Kawi.

BACA JUGA:BCL 'Ngambek' Raffi Ahmad Tak Datang ke Pernikahannya, Padahal Kamar Sudah Siap

Mereka berdua berbondong-bondong bersama dengan Mbah Wonosari membawa dua pusaka bernama ‘Kudi Caluk’ dan ‘Kudi Pecok’ yang akhirnya menjadi daerah Gunung Kawi seperti yang kita lihat sekarang.

Lalu tempat permukiman baru tersebut kemudian menjadi tempat pengungsian banyak orang yang berkunjung di wilayah Gunung Kawi, mulai dari penduduk suku Jawa, luar Jawa, etnis Tionghoa hingga sampai mancanegara.

Hal inilah yang menciptakan perpaduan budaya dan suku di daerah setempat yang membuat kebudayaannya menjadi unik dan nyentrik.

Biasanya para pengunjung, tiba di Keraton Gunung Kawi saat malam Jumat legi. Jika pengunjung mau tirakatan atau berdiam diri sambil berdoa, maka pilihan malam Selasa kliwon atau Jumat kliwon, untuk berkunjung ke area keraton.

BACA JUGA:Mudik Gratis Nataru 2024 dari Kemenhub ke Seluruh Pulau Jawa, Begini Cara Daftarnya

Temukan konten Postingnews.Id menarik lainnya di Google News

Sumber: